Catat! UNP Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Hingga 18 Juni

PENDIDIKAN-1164 hit

PADANG - Penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri di Universitas Negeri Padang (UNP) sudah dibuka. Pendaftaran untuk mahasiswa baru untuk semua program sarjana dan semua program studi tahun ajaran 2021/2022 sudah bisa dilakukan secara online.

Khusus untuk seleksi ujian masuk jalur mandiri dan prestasi Prodi S1 dan D4, pendaftaran secara online telah dimulai sejak 5 April dan akan berakhir 18 Juni 2021 mendatang. Sedangkan pendaftaran jalur mandiri untuk D3, berakhir 25 Juni 2021.

Demikian dikatakan Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D, dalam jumpa pers yang digelar, Senin (10/5/2021) di ruang sidang senat UNP.

Baca Juga


Ia juga merinci, untuk tahun ajaran tahun ini UNP akan menerima totalnya sekitar 10.400 mahasiswa baru. Rinciannya, sekitar 8 ribuan dari program S1 dan D4, sekitar 1.200 dari program D3 dan sekitar seribuan dari program pascasarjana. Jumlah ini lebih banyak dari tahin lalu.

Prof Ganefri, menjelaskan penambahan jumlah mahasiswa baru yang diterima tahun ini, disebabkan adanya penambahan sejumlah program studi (prodi) di UNP. Salah satunya adanya prodi baru di kampus UNP yang ada di Kota Sawahlunto, Kabupaten Pesisir Selatan dan Payakumbuh.

"Mengapa jumlah mahasiswa yang kita terima tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu, karena ada penambahan prodi (program studi) baru di UNP. Salah satunya prodi Ilmu Pertambangan, Prodi Mesin Alat Berat di Sawahlunto," ungkap Rektor.

Secara keseluruhan, ungkap Rektor Prof. Ganefri, jumlah prodi di UNP totalnya 106, yang berasal dari 8 Fakultas dan 40 jurusan. Untuk program D3, UNP memiliki 16 prodi yang tersebar di 7 fakultas. Program ini juga membuka penerimaan mahasiswa melalui jalur reguler.

Sedangkan uang kuliah tunggal (UKT) nanti tidak flat, tapi disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orangtua mahasiswa. Bahkan UNP juga memberikan beasiswa untuk program D3 dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

"UNP tahun ini mendapat kuota beasiswa KIP lebih dari tahun lalu. Nanti akan kita bagi merata ke semua fakultas," pungkasnya. (Je/MR)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru