Kajian Bahasa (8): Pemukul, Pengharum (Nominalisasi Agen versus Instrumen)

701 hit
Paskibraka Kota Padang Panjang Dikukuhkan

Ermanto (Universitas Negeri Padang)

Dosen dan Anggota Pusat Riset Bahasa dan Budaya Austronesia FBS UNP

Berdasarkan proses morfologi derivasi dapat dipahami bahwa ada dua bentuk nomina 'pemukul, pemotong, pembatas, pengharum': (1) nomina 'pemukul, pemotong, pembatas, pengharum' sebagai nominalisasi agen dan (2) nomina 'pemukul, pemotong, pembatas, pengharum' sebagai nominalisasi Instrumen.

Pertama, nomina agen 'pemukul, pemotong, pembatas, pengharum' yang bermakna sebagai agen yakni orang yang melakukan tindakan memukul, tindakan memotong, tindakan membatasi, tindakan mengharumkan. Dalam konteks ini, nomina 'pemukul, pemotong, pembatas, pengharum' adalah bentuk nominalisasi agen dari verba tindakan 'memukul, memotong, membatasi, mengharuskan.

Artinya, pada nomina agen ini, nomina 'pemukul' bermakna orang yang melakukan tindakan memukul; nomina 'pemotong' bermakna orang yang melakukan tindakan memotong; nomina 'pembatas' bermakna orang yang melakukan tindakan membatasi; nomina 'pengharum' bermakna orang yang melakukan tindakan mengharumkan.

Apakah ada nomina agen 'pemukul, pemotong, pembatas, pengharum' digunakan dalam jagat komunikasi? Jawabannya tentulah digunakan dalam jagat komunikasi berbahasa Indonesia. Berdasarkan penelusuran melalui aplikasi korpus data seperti webcorp.org.uk,ditemukan penggunaannnya seperti pada contoh berikut.

1. Peraturan dalam permainan kasti, setiap pemukul dari tim menyerang akan memukul bola ....
2. Setiap anggota tim menyerang hanya berhak memukul bola sekali, kecuali pemukul yang terakhir.
3. Perusahaan berperan langsung sebagai pemotong PPh 21 dan ini umum dilakukan.
4. Pihak yang berperan sebagai pemotong merupakan perseorangan atau pribadi dalam negeri yang terdaftar sebagai wajib pajak.
5. Seekor kalong melintas di udara, seolah hendak berkata bahwa dialah pembatas antara siang dan malam.
6. Anda menyangka itu adalah diri Anda, ternyata bukan, dia pembatas diri!
7. Kami bangga sangat dengan mereka, pengharum nama bangsa.
8. "Mereka pengharum bangsa dari masa ke masa," pungkas H Deden.

Kedua, nomina instrumen 'pemukul, pemotong, pembatas, pengharum' yang bermakna sebagai instrumen/alat yakni instrumen/alat yang digunakan untuk tindakan memukul, tindakan memotong, tindakan membatasi, tindakan mengharumkan. Dalam konteks ini, nomina 'pemukul, pemotong, pembatas, pengharum' adalah bentuk nominalisasi instrumen pada verba tindakan 'memukul, memotong, membatasi, mengharumkan.

Artinya, pada nomina alat/instrumen ini, nomina 'pemukul' bermakna alat/instrumen yang digunakan pada tindakan memukul; nomina 'pemotong' bermakna alat/instrumen yang digunakan pada tindakan memotong; nomina 'pembatas' bermakna alat/instrumen yang digunakan pada tindakan membatasi; nomina 'pengharum' bermakna alat/instrumen yang digunakan pada tindakan mengharumkan.

Apakah ada nomina alat/instrumen 'pemukul, pemotong, pembatas, pengharum' digunakan dalam jagat komunikasi? Jawabannya tentulah digunakan dalam jagat komunikasi berbahasa Indonesia. Berdasarkan penelusuran melalui aplikasi korpus data seperti webcorp.org.uk,ditemukan penggunaannnya seperti berikut.

9. Dalam praktiknya, untuk memukul bola kecil tersebut, atlet yang terlibat dalam olahraga permainan bola kecil juga menggunakan alat pemukul.
10. Para pemain kasti umumnya menggunakan pemukul dari kayu dan satu bola dalam sebuah pertandingan.
11. Di bawah ini, kami akan menjelaskan tips memilih alat pemotong kertas berdasarkan lokasi pemakaiannya.
12. Mesin ini memotong dengan menggunakan alat pemotong yang dinamakan hob.
13. Jangan khawatir, Anda bisa membuat pembatas buku sesuai selera sehingga Anda tidak akan lagi.
14. Pemilihan pembatas ruangan yang cocok bergantung pada desain rumah.
15. Dari deretan pengharum ruangan di atas, yang mana favoritmu?
16. Jadi, belilah pengharum mobil setelah Anda mengecek aromanya terlebih ....

Dengan demikian sesungguhnya bentuk nomina agen 'pemukul, pemotong, pembatas, pengharum' berbeda dengan bentuk nomina alat/instrumen 'pemukul, pemotong, pembatas, pengharum' karena maknanya memang berbeda. Konsekuensi yang adalah sublema di dalam kamus harus ditulis kedua bentuk tersebut dengan cara penulisan angka 1 dan angka 2 berikut ini: bentuk nomina 'pemukul1, pemotong1, pembatas1, pengharum1' dan bentuk nomina 'pemukul2, pemotong2, pembatas2, pengharum2'. Terima kasih.

Komentar

Artikel Terbaru