Rektor UNP Krismadinata, Ph.D: Kami Berusaha Jadi Garda Terdepan Semua Lini Pendidikan

Penulis: MKI | Editor: Marjeni Rokcalva

Wartawan Senior BeritaMinang.com Marjeni Rokcalva melakukan serangkaian wawancara dengan Rektor UNP yang baru, Ir. Krismadinata, Ph.D Kamis pagi, 13 Juni 2024. Wawancara seputar visi dan misinya ke depan, soal pergantian pejabat dilingkungan UNP serta target menggapai UNP menjadi WCU dan masuk dalam rangking 1500-2000 perguruan tinggi dunia. Simak secara bersambung.

PADANG - Sejak dilantik menjadi Rektor UNP yang baru (periode 2024-2029), Ir. Krismadinana, Ph.D langsung bergerak menyambung tugas-tugas besar yang ditinggalkan Rektor pendahulu Prof. Ganefri, Ph.D.

Kita beralih ke topik lain, perguruan tinggi disukai masyarakat dan calon mahasiswa ketika lulusannya cepat kerja, Bagaimana Anda menyikapi hal ini?

Soal dapat pekerjaan ini bagi lulusan sebuah perguruan tinggi, kan harus dilihat dari banyak faktor. Tidak hanya perguruan tinggi yang bertanggungjawab untuk mendapatkan kerja. Selain diri sendiri, masyarakat dan pemerintah juga punya tanggung jawab. Jangan kita menyalahkan satu pihak.

Sekarang tugas perguruan tinggi termasuk UNP, membentuk karakter seseorang yaitu life skill guna memenuhi target ini, dan semua pihak bertanggungjawab.

Ke depan, UNP fokus sesuai dengan tugasnya, yakni fokus mendidik anak bangsa, menyiapkan generasi yang sesuai dengan karakter bangsa. Jadi, UNP akan menjadi garda terdepan semua lini pendidikan. Mulai dari Pendidikan PAUD sampai perguruan tinggi, UNP akan menjadi terdepan dan mengajak semua pihak untuk bekerjasama untuk menciptakan dan membangun generasi emas Indonesia di 2045.

Pertanyaan terakhir, soal Word Class University (WCU), apakah Anda punya range waktu untuk mengejar rangking 1500-2000 dunia sebagaimana target rektor terdahulu?

Yaa.., Lima tahun ini akan dikerjakan. Strateginya nanti, kami mengkawinkan UNP dengan universitas-universitas yang besar di luar negeri. Kita buat join dengan univessity di luar negeri.

Selayang Pandang

Krismadinata, Ph.D. memiliki latar belakang pendidikan Sarjana Teknik dari Universitas Andalas tahun 2000, Magister Teknik dari Institut Teknologi Bandung tahun 2004 dan Doktoral dari University of Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia tahun 2012, serta Post doctoral di Higher Institution Centre of Excellence (HICoE), UM Power Energy Dedicated Advanced Centre (UMPEDAC) pada tahun 2012-2014.

Semuanya dalam bidang teknik elektro. Selama di University of Malaya (70 QS world university rankings) ia menjadi research Assistance, teaching assistance, lecturer, Head of Renewable energy and inverter testing laboratories dan penerima UM fellowship dan mendapatkan grant research dari United Nations Development Programme (UNDP) dan sering mewakili UM untuk beberapa pekerjaan di berbagai negara seperti, Singapur, Thailand, Indonesia, Jepang, Austria, dan China.

Ia juga penerima India-ASEAN Research Fellowship Training dari Kementerian Sain dan Teknologi India dan sering menjadi pembicara di forum-forum ilmiah di India dan Malaysia.

Ia banyak terlibat dalam kolaborasi riset dengan sejumlah peneliti dari berbagai negara dan memenangkan puluhan grant research dalam dan luar negeri. Beliau juga merupakan reviewer nasional penelitian, Reviewer beasiswa LPDP, Reviewer BPI, Reviewer Matching Funds.

Dr. Kris beberapa kali menjadi dosen berprestasi tingkat UNP dan finalis dosen berprestasi tingkat nasional dan pernah masuk top 500 scientist Indonesia. Ia juga memiliki beberapa paten internasional, Hak cipta, dan disain industri, dan juga sebagai reviewer untuk banyak jurnal internasional di bidang teknik elektro dan energi, memiliki H-index Scopus 11 dan telah mempublikasi artikel ilmiah sebanyak 162 artikel.

Ia secara aktif terlibat dalam konsultasi pada proyek-proyek energi terbarukan. Minat penelitiannya adalah elektronika daya, sistem kontrol, dan energi terbarukan.

Pengalaman manajerial yang beliau miliki adalah Dekan Fakultas Teknik, Kepala Pusat Penelitian LPPM, Kepala Pusat Publikasi dan HKI LPPM, Kaprodi S1 Teknik Elektro, Kepala Laboratorium Energi terbarukan dan Kepala Laboratorium Rangkaian listrik dan Pengukuran. Beliau juga merupakan seorang insinyur profesional dan Direktur Pusat Penelitian Energi dan Elektronika Daya Universitas Negeri Padang.

Sosok Krismadinata juga merupakan seorang aktivis LSM (Lembaga swadaya masyarakat), mantan aktivis mahasiswa, atlet pencak silat, tenis meja. Beliau juga aktif dalam organisasi pemuda dan kemasyarakatan seperti Pengurus KNPI, IPSI Sumbar, Gebu Minang KAHMI Sumbar dan Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Sumbar. (MR)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru