DPP Iluni UNP Minta Prof. H. Ganefri Jadi Cagub Sumbar di Pilkada 2024

POLITIK-1201 hit

Penulis: ERZ/MR | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG -Rapat Pengurus Lengkap Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Universitas Negeri Padang (DPP Iluni UNP), menghasilkan sebuah resolusi, salah satunya berisi permintaan kepada Prof. H. Ganefri, Ph.D, menjadi calon Gubernur Sumbar di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar 2024.

Resolusi itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum DPP Iluni UNP, Drs. H. Nadirman pada sesi akhir rapat lengkap DPP Iluni UNP bersamaan dengan penyampaian hasil rapat lainnya, Sabtu (17/ 06/2023) di Padang.

"Sebagaimana usulan aspirasi dari banyak alumni pada rapat lengkap pengurus DPP Iluni UNP, maka kita menyepakati resolusi tentang permintaan kepada Pak Rektor Prof. Ganefri menjadi Cagub Sumbar di Pilkada Sumbar 2024," kata Nadirman didampingi Sekjen DPP Iluni UNP Prof. Dr. M. Zaim, M.Pd di hadapan para peserta rapat yang juga dihadiri Ketua Harian DPP Iluni UNP Drs. H. Roswaldi, M.Kom.

Baca Juga


Sepanjang agenda kegiatan DPP Iluni UNP pada akhir pekan kemarin yang terdiri dari Pelantikan Pengurus DPP Iluni UNP, pembekalan bagi 1.634 wisudawan oleh lima orang alumni UNP yang sukses dan rapat lengkap pengurus DPP Iluni UNP, cukup ramai diskusi di jajaran pengurus yang memperbincangkan isu strategis tentang sosok Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D yang sangat pas untuk memimpin Sumbar 2024-2029.

Dalam perbincangan itu mengemuka berbagai capaian-capaian luar biasa dari sosok Prof. Ganefri, Ph.D yang bergelar adat Dt. Djunjungan Nan Bagadiang itu. Prof. Ganefri dianggap sebagai sosok pemimpin yang visioner di dalam kepemimpinan dan pembangunan. Dia memiliki jenjang karir, pengalaman, dan hasil kerja yang mempuni.

Dosen Teknik Elektro UNP itu pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik UNP, Ketua Kopertis Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri), Rektor UNP (kini periode ke-2), Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTN) se-Indonesia, Ketua NU Sumbar dan banyak lagi jabatan lain yang diamanahkan kepadanya.

Ganefri sukses membangun dan membawa UNP atau kampus eks IKIP Padang dari kampus kelas menengah ke bawah menjadi kampus kelas atas. Kini UNP menuju kampus kelas dunia (world class university).

Pada kepemimpinannya, UNP berakredetasi unggul atau A. Presiden RI, Ketua MPR, DPR dan para menteri sudah terbiasa datang ke UNP di periode Rektor UNP. Bahkan para jajaran pemimpin negara-negara lain juga datang ke UNP untuk bekerja sama. Anwar Ibrahim, PM Malaysia sekarang, juga memperoleh Doktor Honourus Causa (HC) dari UNP dan langsung datang ke kampus yang beralamat di Jl. Hamka, Air Tawar itu.

Pembangunan kampus UNP sangat luar biasa pesat. UNP berubah menjadi kampus yang megah. Mahasiswanya berjumlah 52.000-an orang atau terbanyak di Sumatera dan lima besar terbanyak di Indonesia. UNP memiliki sembilan fakultas, yakni; Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengatahun Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Perhotelan dan Pariwisata (FPP), Fakultas Psikologi dan Fakultas Kedokteran (FK).

Sedangkan jumlah alumni UNP dan IKIP Padang hingga saat ini sebagaimana yang disampaikan Rektor UNP Prof. Ganefri pada acara pelantikan pengurus DPP Iluni UNP, sebanyak lebih kurang 300.000-an alumni. Alumni itu berkiprah di berbagai bidang, baik di dalam maupun luar negeri. Sudah sangat banyak alumni kampus itu yang sukses di berbagai bidang.

Selain sebagai pemimpin yang cerdas, visioner di dalam kepemimpinan dan pembangunan, Ganefri juga sebagai sosok yang mudah bergaul, komunikatif, cakap ke atas dan ke bawah, namun tetap berpembawaan tenang dan santun. Hal-hal positif itu lahir dari kehidupan Ganefri yang memang tidak berlangsung mudah dari kecil. Sangat tidak mudah mencari sosok unggul seperti Ganefri di jajaran tokoh Minangkabau saat ini.

Para alumni menganggap Ganefri sebagaai sosok yang pas untuk membangun Sumbar menjadi provinsi yang lebih maju. Sumbar perlu dipimpin oleh sosok yang memiliki jaringan luas, lokal, nasional, regional dan internasional. Ranah Minang butuh pemimpin yang bisa bekerja sama dengan siapa saja, tidak terkotak-kotak dalam hal-hal sempit yang pada akhirnya sangat tidak menguntungkan bagi masyarakat, daerah dan bangsa. Ganefri berkompetensi menjadi Menteri, tapi lebih dibutuhkan masyarakat Sumbar menjadi Gubernur.

Berkaitan dengan resolusi yang dilahirkan Rapat Lengkap Pengurus DPP Iluni UNP, tentang permintaan agar Prof. Ganefri, Ph.D maju sebagai Cagub Sumbar di Pemilu 2024, putra Nagari VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, mengucapkan terima kasih. Belum ada tanggapan lebih lanjut dari Ganefri tentang resolusi itu. Permintaan yang sama juga pernah beberapa kali disampaikan beberapa individu, dan Ganefri menjawabnya dengan senyum. (ERZ/MR)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru