BumNag Sitapu Mekar, Nagari Pulakek Koto Baru Solsel, Siap Memajukan Usaha

Penulis: AA | Editor: Medio Agusta

Padang Aro - Meski usia legalitas Badan Usaha Milik Nagari (BumNag) Sitapu Mekar Nagari Pulakek Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu terbilang muda.

Namun keberadaannya akan siap untuk mendukung aspek peningkatan taraf hidup berimplikasi terhadap pertumbuhan dan pemerataan ekonomi masyarakat di nagari tersebut.

Sebagaimana yang disampaikan Pj. Wali Nagari Pulakek Koto Baru, Elfariza. A. Ma. Pd. Or didampingi Sekretaris Nagari, Tabrani, pihaknya siap mendukung berbagai usaha yang sudah di program Bumnag Sitapu Mekar, dalam mendukung usaha perekonomian masyarakat nagari serta menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Nagari (PAN) nantinya.

Baca Juga


" Semenjak legalitas BumNag, sudah keluar yaitu Sertifikat Pendaftaran Pendirian Badan Hukum . Nomor : AHU-05635. AH.01.33 Tahun 2022 BUM Desa (BumDes) Sitapu Mekar tertanggal 18 Juli 2022, BumNag sudah mulai melaksanakan berbagai kegiatan usaha," jelasnya.

Selain itu Pemerintahan Nagari juga sudah menerbitkan Peraturan Nagari (Perna) dan Peraturan Wali Nagari (Perwana) terkait Badan Usaha Milik Nagari (BumNag) Sitapu Mekar itu.

Pada tahap awal melalui APB Nagari tahun 2022, Pemnag Pulakek sudah mengucurkan dana sebesar Rp. 100 juta untuk modal usaha BumNag, ditambah adanya bantuan hibah kendaraan mikro bus dari Kementerian Perhubungan RI melalui Pemda Solsel juga sudah di serahkan pengelolaannya pada BumNag Sitapu Mekar.

Pihaknya berharap, berbagai usaha lain juga akan dapat ditembus oleh Direktur Bumnag bersama jajarannya dalam rangka mewujudkan harapan perubahan ekonomi masyarakat di nagari," harapnya.

Menurutnya, Pemerintahannya Nagari bersama Bamus Nagari pada tahun 2023 ini kembali sudah mengesahkan APB Nagari untuk penguatan modal usaha BumNag sebesar Rp. 190 juta.

Ditempat terpisah, Direktur BumNag Sitapu Mekar, Syafwan didampingi Sekretaris BumNag, Reza Dahlia Putri memaparkan, bahwa saat ini pihaknya baru fokus pada usaha jasa transportasi wisata, Senin (29/5/2023).

Selain itu, usaha lain yang sudah diprogram juga telah disampaikan pada Pemerintahan Nagari selaku pemegang saham BUMNag, diantaranya pengelolaan Pamsimas, PLTMH, serta kerjasama dengan pihak perusahaan lainnya.

" Baru-baru ini BUMNag kita dikunjungi oleh Dinas Penanam Modal (DPM) Provinsi Sumbar bersama Biro Ased Pemprov Sumbar dan BumNag Development Centre Universitas Taman Siswa," jelas Syafwan.

Dalam pertemuan saat kunjungan pihak Provinsi Sumbar ke Bumnag Sitapu Mekar 23 Mai 2023 tersebut, berbagai pembicaraan terkait usaha dan persoalan yang dihadapi BumNag telah dibahas.

Bahkan pihak Doni Rahmat Samulo dari Biro Aset Pemprov Sumbar bersama dengan DPM Provinsi Sumbar dengan dukungan pendampingan dari pihak BumNag Development Centre Universitas Taman Siswa saat itu bersedia untuk mendukung dan memfasilitasi berbagai usaha kerjasama dengan berbagai perusahaan yang akan dilakukan BumNag Sitapu Mekar Nagari Pulakek Koto Baru tersebut.

" Kami sangat mengapresiasi dukungan dan pendampingan yang sudah diberikan

BumNag Development Centre Universitas Taman Siswa, pada BumNag Sitapu Mekar," tambah Syafwan

Kegiatan tersebut adalah bagian dari pembinaan dan pendampingan oleh BumNag Development Centre Universitas Taman Siswa yang memonitoring dan mengevaluasi BumNag yang ada di Sumbar salah satunya BumNag Sitapu Mekar.

Ditambahkan Syafwan dan Reza Dahlia Putri saat ini BumNag Sitapu Mekar telah memiliki aset berupa mikrobus bernilai 481 juta plus penyertaan modal dari APB Nagari Pulakek tahun 2022 sebesar Rp. 100 juta.

" Pada Musyawarah Nagari tentang pelaporan Bumnag Sitapu, sudah menyampaikan perkembangan usaha BumNag serta menyampaikan lima rencana kerja yang akan dilakukan oleh Bumnag," tambahnya.

Hal tersebut adalah bagian dari usaha kerja Bumnag untuk mengejar ketertinggalan dalam perolehan Pendapatan Asli Nagari (PAN) yang sudah dituangkan melalui Perna dan AD/ART BumNag Sitapu Mekar.

Ditambahkan Reza Dahlia Putri, kegiatan BumNag dengan dukungan pengawas, Refi Diantika saat ini perolehan dana pemasukan atau omset BumNag dari usaha jasa transportasi yang dikelola hingga akhir tahun 2022 lebih kurang 57 juta.

Sedangkan pada tahun 2023 ini, pihak BumNag Sitapu Mekar ditarget nagari untuk PAN sebesar 40 %.

" Semoga saja berbagai kerjasama dan usaha yang akan dilaksanakan BumNag akan dapat terwujud, sehingga capaian PAN serta usaha untuk peningkatan ekonomi masyarakat di nagari akan dapat terealisasi," pungkas Reza Dahlia Putri. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru