Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.: Universitas Negeri Padang Terapkan 3 Elemen Transformasi Digital

PENDIDIKAN-412 hit

Penulis: ET | Editor: Medio Agusta

PADANG - Universitas Negeri Padang akan menerapkan tiga elemen transformasi digital dalam manajemen perguruan tinggi sesuai dengan strategi optimalisasi kepemimpinan digital.

Hal itu disampaikan oleh Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. dalam sambutannya pada Upacara Wisuda ke-130, Sabtu (18/3) bertempat di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang. Pada upacara wisuda periode ke-130 ini, Universitas Negeri Padang mewisuda sebanyak 1903 lulusan.

Pada kesempatan itu, Prof. Ganefri menyampaikan elemen pertama berkaitan dengan kompetensi digital seluruh civitas akademika, kompetensi digital tidak hanya meliputi kemampuan teknis, tetapi juga keterampilan dan pemahaman tentang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Baca Juga


"Dalam transformasi perguruan tinggi masa depan, terutama di Universitas Negeri Padang, kompetensi digital civitas akademika sangat penting dalam membangun lingkungan pembelajaran yang inovatif dan adaptif," tambah Prof. Ganefri.

Lebih lanjut kata Prof. Ganefri, Ph.D., elemen berikutnya yang berkenaan dengan transformasi manajemen perguruan tinggi secara digital adalah berkaitan dengan bussiness knowledge dalam pengelolaan perguruan tinggi, dan dengan memahami bisnis dan manajemen, pemimpin digital di perguruan tinggi dapat mengembangkan rencana pengembangan teknologi yang mempertimbangkan aspek keuangan, sumber daya manusia, dan sumber daya teknologi.

"Terakhir elemen transformasi perguruan tinggi berkaitan dengan kepemimpinan strategis dalam lingkungan digital. Transformasi digital dalam perguruan tinggi memerlukan kepemimpinan strategis yang kuat dan berfokus pada tujuan jangka panjang," tukuk Prof. Ganefri.

Selain itu, tambah Rektor Prof. Ganefri, Ph.D., tentunya penerapan kepemimpinan digital merupakan keterampilan/skill yang juga hendaknya dimiliki oleh lulusan Universitas Negeri Padang, dimanapun mereka akan meniti karir nantinya, serta penerapan skill kepemimpinan digital oleh lulusan perguruan tinggi menjadi semakin penting di tengah era transformasi digital yang sedang berlangsung.

"Lulusan perguruan tinggi yang memiliki keterampilan kepemimpinan digital dapat membawa manfaat besar bagi organisasi tempat mereka bekerja. Keterampilan kepemimpinan digital yang diperoleh selama masa studi dapat mencakup kemampuan untuk memimpin tim yang terdiri dari anggota yang terletak di berbagai tempat, mengelola proyek secara online, serta memanfaatkan teknologi dalam mengambil keputusan dan memecahkan masalah," tambah Prof. Ganefri.

Kata Rektor Prof. Ganefri, Ph.D., penerapan skill kepemimpinan digital oleh lulusan perguruan tinggi dapat membawa manfaat bagi berbagai sektor, seperti industri, pemerintah, dan sektor non-profit.

"Dengan keterampilan kepemimpinan digital, lulusan perguruan tinggi dapat menjadi pemimpin yang inovatif dan adaptif dalam menghadapi perubahan dan tantangan di lingkungan digital yang terus berkembang," jelas Prof. Ganefri, Ph.D. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru