Anggota DPRD Sumbar Zarfi Deson Minta Balai Air Sungai PUPR Turun Benahi Irigasi Rusak di Pessel

Penulis: MR | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG - Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Golkar Zarfi Deson, sangat prihatin dengan kondisi infrastruktur yang rusak akibat diterjang banjir bandang di sejumlah kawasan di Kabupaten Pesisir Selatan, beberapa waktu lalu.

Keprihatinan ini kata Anggota Komisi III DPRD Sumbar, membuat ia harus melakukan serangkaian upaya guna mengatasinya, sesuai dengan fungsinya sebagai wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Sumbar VIII (Pessel-Mentawai).

Bahkan, Senin petang kemaren, lelaki yang murah senyum ini langsung mengontak Kepala UPTD Balai Air dan Sungai PUPR Padang, Zakirman, guna meminta bantuan penanggulangan dua jaringan irigasi (kapalo banda) di Kecamatan Lengayang, Pessel yang rusak diterjang banjir. Yakni, Kapalo Banda Koto Kandis dan Kapalo Banda Ganting Kubang.

Dari hasil pembicaraan tersebut, katanya ketika dihubungi Selasa (4/6/2024), pihak UPTD Balai Air dan Sungai Padang, segera menarik alat berat dari Solok ke Koto Kandis Kambang, guna membantu pemulihan kapalo banda yang rusak berat diterjang banjir.

Ia menyebutkan, akibat kapalo banda di Koto Kandis Kambang, Lengayang yang rusak ini, mengakibatkan sawah di beberapa kawasan seperti di Tampunik, Ganting, Koto Rawang, tidak bisa diari dan terancam gagal panen.

"Tentu petani tidak bisa menggarap sawah, karena ketiadaan air yang selama ini dipasok dari Kapalo Banda Koto Kandis," tegasnya.

Ia juga menyampaikan, pihak UPTD Balai Air dan Sungai Padang memang sudah datang ke dua kapalo banda yang rusak di Lengayang tersebut dan kini proyek pengerjaan/rehabilitasinya dalam tahap telaah staf.

"Sekitar Rp2 Miliar dana akan digelontorkan UPTD Balai Air dan Sungai Padang untuk perbaikan irigasi yang rusak di Lengayang tersebut," kata Deson.

Ia berharap, pengerjaan kapalo banda tersebut segera dilakukan UPTD Balai Air dan Sungai Padang, sehigga petani bisa kembali menggarap sawahnya yang terlantar.

"Ia juga akan berupaya mengalokasikan dana Pokir 2025 mendatang, guna perbaikan sejumlah infrastruktur yang rusak di Pessel, khususnya di Kecamatan Lengayang," pungkasnya. (MR)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru