Graha Iluni UNP Siap untuk Diresmikan pada Acara Mubes

PENDIDIKAN-293 hit

Penulis: Rel | Editor: Medio Agusta

PADANG - Gedung Graha Iluni UNP (Ikatan Alumni UNP) telah rampung dibangun dan siap untuk diresmikan, Sabtu (11/03/2023). Bangunan berlantai dua dengan total luas 250 meter persegi tersebut akan dijadikan Kantor Sekretariat DPP Iluni UNP. Pada Mubes V Iluni UNP 2023, ini menjadi kado terindah.

"Alhamdulillah Graha Iluni UNP telah selesai pengerjaannya dan siap untuk diresmikan," kata Prof. Dr. Giatman, MSIE, pimpro sekaligus perencana Graha Iluni UNP, Selasa (07/03/2023).

Letak Graha Iluni UNP sangat strategis. Bersebelahan dengan Gedung Perpustakaan Pusat UNP dan mudah diakses serta memiliki lahan parkir yang luas. Lokasinya juga teduh sehingga nyaman untuk beraktifitas.

Baca Juga


Giatman yang juga Guru Besar Teknik Sipil FT UNP dan menjabat sebagai salah seorang ketua di kepengurusan DPP Iluni UNP, menjelaskan Graha Iluni memiliki fasilitas yang cukup komplit. Pada lantai satu terdapat lobi atau ruang tamu, ruangan ketua umum, ruangan sekretaris sekaligus ruang sekretariat, serta ruang unit usaha dan gudang mini.

Berikutnya di lantai dua terdapat ruang pertemuan berkapasitas 100 orang yang dapat digunakan sebagai ruang rapat, pertemuan dan lain sebagainya. Di lantai dua juga terdapat ruang gudang mini sekaligus untuk tempat sound sistem keperluan pertemuan. Berikutnya di lantai dua juga terdapat selasar yang dapat digunakan untuk bersantai sambil ngopi-ngopi oleh alumni dan lainnya.

"Semuanya telah dipasang pendingin ruangan atau AC," sebut Giatman, pemegang sabuk hitam Dan V Karate, sembari mengucap syukur.

Dijelaskan Giatman, pembangunan Graha Iluni UNP menelan biaya Rp1,6 miliar. Dana tersebut berasal sumbangan pada alumni sejak masa Ketua Umum DPP Iluni UNP dijabat oleh Drs. H. Marlis Alinia, MM. Berikutnya peletakkan batu pertama di masa kepemimpinan Ketum DPP Iluni UNP dijabat Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si.

"Batu pertama diletakkan dulu oleh Bapak Hatta Rajasa yang saat itu menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi," ungkap Giatman.

Selanjutnya, proses pembangunan Graha Iluni UNP dimulai di era kepemimpinan ketua umum, Drs. H. Ali Mukhni. Selain sumbangan dari para alumni, pembangunan gedung ini juga dibiayai dari sumbangan para wisudawan yang seluruh dananya dipusatkan ke DPP Iluni UNP, sejalan dengan perubahan pemusatan penyelenggaraan prosesi wisuda yang hanya dilaksanakan di tingkat universitas saja.

Selain sebagai pusat kegiatan kesekretariatan Iluni, Graha Iluni UNP juga dilengkapi ruangan khusus untuk unit usaha iluni, agar dapat menghasilkan pemasukkan bagi organisasi. Nanti ruang unit usaha itu, bisa dijadikan kafe, mini market, foto copy atau lainnya.

"Kalau ruang unit usaha itu dijadikan kafe, bisa menjadi kafe terindah dan paling strategis posisinya di lingkungan UNP," kata Suhendra Gumanti, alumni UNP yang kini berkarir di MAN 2 Kota Padang, di tempat terpisah bersama Risman Arasy, S.Pd.

Muhammad Rambe, Staf Sekretariat DPP Iluni UNP, kemarin tampak berkunjung ke Graha Iluni UNP untuk melihat kesiapan gedung. Dia juga mendampingi tim humas iluni dalam pengambilan video dan gambar Graha Iluni untuk kebutuhan ekspos.

Beberapa orang tukang masih tampak di lokasi melaksanakan pekerjaan finishing dan pemasangan AC. Gedung yang dibalut dengan warna ciri khas Minangkabau, yakni merah, kuning dan hitam ini, tampak molek dan melengkapi keindahan bangunan-bangunan UNP yang tumbuh subur di era Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph. D. (Rel)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru