Delapan Kades Hasil Pilkades Serentak di Sawahlunto Dilantik, Inilah Mereka

PEMERINTAHAN-328 hit

SAWAHLUNTO - Walikota Sawahlunto Deri Asta melantik dan mengambil sumpah jabatan 8 Kepala Desa terpilih periodesasi 2021 -2027 di Hall PT Bukit Asam Tbk Unit Pertambangan Ombilin, Kamis (15/4/2021).

Kepala Desa yang dilantik tersebut terdiri dari Yuriswan Kepala Desa (Kades) Muaro Kalaban, Ismed Mulia Kades Talago Gunuang, Syamsir Kades Talawi Mudiak, Rendi Setiawan Kades Sijantang Koto, M.E.Yusuf Kades Rantih, Jufrinaldi Kades Kolok Mudiak, Epi Yusman Kades Bukik Gadang,dan Afrinal Kades Datar Mansiang.

Sebagaimana dilansir Humas Pemko, Walikota Deri Asta mengingatkan kepada seluruh Kades yang dilantik agar mampu bekerja secara maksimal dan cerdas, selain bekerja keras melayani masyarakat ditengah suasana pandemi saat ini.

Menurut Deri Asta, para kepala desa harus bersinergi menyelaraskan program RPJMDes dengan visi misi Pemerintahan Kota Sawahlunto terutama bagaimana upaya memprioritaskan penurunan angka kemiskinan dengan cara menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat melalui peningkatan sumber-sumber ekonomi produktif sehingga penurunan jumlah penduduk miskin di desa dapat mencapai angka minimal 5 Kepala Keluarga (KK) dalam setahun.

"Saya menghimbau Kepala Desa tidak terpaku kepada acara-acara seremonial tapi harus bergerak dan bekerja keras untuk berupaya menurunkan penduduk miskin dengan cara mendatangi dan kunjungi langsung lingkungan warganya dalam merumuskan strategi bagaimana upaya menumbuhkankembangkan ekonomi produktif ditengah masyarakat" ujar Deri Asta sambil mengingatkan setiap Kades tidak keluar dari kebijakan peraturan dan perundangan yang ada.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumbar, Syafrizal Ucok, yang turut hadir dalam acara pelantikan Kades tersebut menyampaikan pujiannya pelaksanaan Pilkades di Kota Sawahlunto berjalan lancar penuh persaudaraan tanpa mengabaikan protokol kesehatan.

Dikatakan Syafrizal Ucok, apresiasi yang dia sampaikan cukup menjadi contoh baik bagi desa-desa atau nagari lainnya di Sumatera Barat yang akan menyelenggarakan pemilihan Kades atau Walinagari. Dikemukakannya, penerapan Prokes COVID-19 sudah menjadi keharusan untuk dilakukan dalam mencegah penularan atau klaster baru COVID-19.

"Sawahlunto bisa dijadikan contoh baik dalam memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan Kades secara serentak dengan penuh persaudaraan sehingga pemilihan berjalan lancar dan damai tanpa mengabaikan protokol kesehatan COVID-19. Kami sangat mengapresiasi hal ini." Ungkap Syafrizal Ucok.(Iyos)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru