Majelis Ulama Indonesia Sungai Pagu Solsel Gelar Muzakarah Jelang Ramadan

PEMERINTAHAN-566 hit

PADANG ARO - Jelang memasuki bulan suci Ramadan 1442 H / 2021 M, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Sungai Pagu gelar muzakarah bersama dengan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Kapolsek, Ormas Islam, para Ustadz serta Buya.

"Kegiatan muzakarah antar Ormas Islam, Ustadz, Buya, KUA serta Kapolsek di Kecamatan Sungai Pagu jelang bulan suci Ramadan ini adalah agenda rutin," kata Ketua MUI Sungai Pagu, Zul Apendi, Minggu (11/4/2021).

"Ada beberapa kesepakatan dan ketentuan yang mesti disepakati dalam bulan suci Ramadan tahun ini, apalagi di musim pandemi Covid-19 masih terjadi," katanya.

Baca Juga


Diharapkan bulan suci Ramadan ini hendaknya tetap kita menyajikan tausiah Ramadan yang mengandung nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan, baik dalam program siaran hiburan maupun dakwah.

Upaya ini diharapkan untuk menciptakan suasana Ramadan yang tenang, damai, nyaman serta menyejukan, apalagi kondisi saat ini masih adanya wabah Covid-19.

"Maka segala bentuk imbauan, ajakan, dan aturan yang terkait dengan penanganan Covid-19 yang sudah ditetapkan Pemerintah hendaknya dapat dipatuhi," pungkas Zul Apendi didampingi pengurus MUI dan pengurus Ormas Islam lainnya di Kecamatan Sungai Pagu usai muzakarah.

Ditempat terpisah, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sungai Pagu, Hafis Aulia Rahman menyampaikan beberapa regulasi terkait pelaksanaan Ramadan dan Idul Fitri serta manajemen masjid.

Secara umum, kepada para mubalig/penceramah agama diharapkan berperan memperkuat nilai-nilai keimanan, ketakwaan, akhlaqul karimah, kemaslahatan umat, dan nilai-nilai kebangsaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui bahasa dakwah yang tepat dan bijak sesuai tuntunan Al-Qur'an dan As-sunnah.

"Sedangkan pada pengurus dan pengelola masjid/musala wajib menunjuk petugas yang memastikan penerapan protokol kesehatan dan mengumumkan kepada seluruh jemaah, seperti melakukan disinfektan secara teratur, menyediakan sarana cuci tangan di pintu masuk masjid/musala, menggunakan masker, menjaga jarak aman, dan kapan perlu setiap jemaah membawa sajadah/mukena masing-masing," tambah Hafis.

Bahkan informasi terkait Vaksinasi Covid-19 di bulan Ramadan harus berpedoman pada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 saat berpuasa dan hasil ketetapan fatwa ormas Islam lainnya.

Mengenai kegiatan pengumpulan dan penyaluran Zakat, Infak, dan Ahadaqah (ZIS) serta zakat fitrah oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) juga di himbau untuk memperhatikan protokol kesehatan dan menghindari kerumunan massa.

Berbagai ketentuan yang sudah ditetap Pemerintah lainnya juga disampaikan Hafis saat itu, termasuk masalah manajemen Masjid. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru