Kemenag Solsel Dijatah 5 Penghulu Tahun Ini

PEMERINTAHAN-432 hit

PADANG ARO - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok Selatan kembali mendapat penambahan pejabat Jabatan Fungsional Tertentu Penghulu (JFTP) bersamaan dengan beberapa kabupaten / kota lain di Sumbar.

Sedikitnya ada lima orang pejabat Penghulu yang baru di jajaran Kemenag Solsel tersebut setelah dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpahnya oleh Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri, di Aula Amal Bhakti I Kanwil Kemenag Sumbar, selesai salat Magrib, Rabu (7/4/2021).

Kakan Kemenag Solsel, H. Syamsuir didampingi Kasubag TU Kemenag Solsel, Fitriyoni berharap kedepan berbagai kemajuan dan kemaslahatan umat islam di Solsel akan lebih baik.

Baca Juga


"Sisi penting dari bertambahnya Pejabat Penghulu di Solsel akan dapat meningkatkan pelayanan dalam menikahkan mempelai," harap Syamsuir.

Tusi seorang penghulu berdasarkan Permenpan RB nomor. 9 Tahun 2019 nomor PMA 34 menyatakan bahwa bukan hanya sekedar menikahkan dan rujuk. Tapi juga memberikan pelayanan bimbingan keluarga sakinah.

"Penghulu juga memberikan bimbingan dan pelayanan tamu sidang dan pelayanan bimbingan hisab rukyat dan bimbingan syariah. Bimbingan dan pengarahan agama Islam," tambahnya.

Diingatkan juga bahwa para penghulu dalam menikahkan mempelai wajib berpatokan pada hukum Islam dan hukum positif (UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan PMA No. 19 Tahun 2018 tentang Pencatatan Perkawinan).

"Bahkan, dalam pelaksanaan, jangan asal-asalan menikahkan orang. Teliti dokumen-dokumennya, jangan sampai menjadi masalah di kemudian hari," pesan Syamsuir.

Sementara Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri saat pelantikan menjelaskan penambahan Penghulu di Sumbar saat ini adalah berkah bagi Kanwil Kemenag Sumbar untuk mengisi kekosongan kebutuhan penghulu.

Ia mengingatkan, Sumbar kebutuhan Penghulu sebanyak 443 dari yang sudah ada sebanyak 294 orang. Saat ini dengan adanya penambahan 31 orang Penghulu, maka total penghulu fungsional sumbar sudah berjumlah 325 orang. Artinya, pemenuhan kebutuhan penghulu di Sumbar sudah mencapai prosentase 66,36%.

"Maka kita bersyukur dengan dilantiknya Penghulu hari ini sebanyak 31 orang melalui inpassing," ungkap Hendri.

"Dengan kebutuhan Penghulu 443 orang, dengan jumlah saat ini sudah mencapai 325 orang, maka capaian Penghulu di Sumbar telah melampaui angka nasional yaitu 73,36%" urainya.

Hendri menegaskan penghulu hari ini adalah jabatan yang sangat strategis sekaligus memiliki peran yang luar biasa.

Sedangkan Kasubag TU Kemenag Solsel Fitriyoni, Kamis (8/4/2021) menjelaskan lima orang yang diamanah sebagai pejabat JFTP dilingkungan Kementerian Agama Kab. Solok Selatan tersebut antara lain, Audy Reyza, S.Ag., sebagai Pengulu Muda pada KUA Kecamatan Sunga Pagu. Afdaldinil Haq, S.H.I., Pengulu Muda KUA Kecamatan Pauh Duo. Viki, S.Th.I. sebagai Pengulu Muda Pada KUA Kecamatan Sangir Jujuan. Sartoni, S.Ag., sebagai Penghulu Muda KUA Kecamatan Sangir Balai Janggo. Yendra Satria, S.Ag., Sebagai Penghulu Muda KUA Kecamatan Sangir Batang Hari.

Ditambahkan Fitriyoni, dengan adanya penambahan lima orang Penghulu melalui jalus inpasing ini, maka total Penghulu yang ada di Solsel selain Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) adalah sebanyak 9 orang.

"Maka keseluruhan Penghulu termasuk Kepala KUA dari tujuh kecamatan yang ada di Solsel saat ini sudah berjumlah sebanyak 16 orang. Sehingga pelayanan perkawinan dan pelaksanaan tugas lain dari jabatan Penghulu akan lebih baik lagi, dan masyarakat akan terlayani dengan baik dan cepat," pungkas Fitriyoni. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru