Bupati dan Kemenag Solsel Terima Penghargaan Kanwil Kemenag Sumbar

PEMERINTAHAN-888 hit

Penulis: Medio Agusta

PADANG ARO - Berkat kemampuan dalam bekerjasama yang baik dalam pengembangan pendidikan Islam, Kakan Kemenag Solsel, H. Syamsuir diganjar penghargaan oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumbar.

Prosesi penyerahan penghargaan yang disaksikan pejabat eselon III dan ASN di jajaran Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar itu, secara langsung dilakukan Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri kepada Kakan Kemenag Solsel. H. Syamsuir, usai apel pagi di halaman kantor Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar, Senin (5/4/2021).

Selain itu Kakanwil Kemenag Sumbar juga mengapresiasi Bupati Solok Selatan dengan penghargaan atas kesediaan Bupati dalam memberikan biaya pendidikan profesi guru bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai wujud pembinaan pendidikan agama Islam di Kabupaten Solok Selatan.

Baca Juga


"Kami atas nama jajaran Kementerian Agama RI, mengapresiasi Bupati / Wali Kota se-Sumbar yang sudah memberi dukungan untuk kemajuan pendidikan agama Islam di daerah masing-masing," kata H. Hendri.

Tanpa keterlibatan Pemerintah Daerah dalam mendukung jajaran Kementrian Agama, berbagai program agama dalam mendukung pembangunan kemasyarakatan tidak akan maksimal.

"Apalagi dukungan yang diberikan saat ini adalah dukungan anggaran untuk Pendidikan Profesi Guru (PPG), yaitu dana untuk kegiatan PPG bagi guru PAI Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui dana APBD Kabupaten Solok Selatan," jelas Hendri.

Sementara itu, Kakan Kemenag Solsel, H. Syamsuir didampingi Kasubag TU, Fitriyoni menjelaskan, bahwa tahun ini Pemkab Solsel melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Solsel telah memberi dukungan anggaran untuk 24 orang Guru Agama yang akan ikut Pendidikan Profesi Guru (PPG) Agama Islam (PAI) tahun anggaran 2021.

"Alhamdulillah, para guru Pendidikan Agama Islam, khususnya Pendidikan Profesi Guru di daerah Solsel tahun 2021 ini diberi dukungan dana," katanya.

"Dengan demikian tentu berbagai persoalan dalam memajukan pendidikan Agama Islam Solsel akan lebih maksimal lagi, dan para guru PAI tidak ada lagi alasan untuk tidak berbuat untuk kemajuan generasi pendidikan Solsel tingkat SD dan SMP khusunya," terang Syamsuir.

Ditempat terpisah, Plt. Kadisdikpora Solsel, Novrizon didampingi Kasi Pendis Kemenag Solsel, Mahadolog. R, menambahkan, bahwa tahun ini tercatat dukungan anggaran untuk PPG PAI dari APBD Solsel tahun 2021 tercatat sebesar Rp. 244.800.000,-.

Adapun rincian dari penggunaan anggaran tersebut diantaranya, setoran ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) sebesar Rp. 148.800.000,- , untuk Modul Buku sebesar Rp. 36. Juta,

"Selain itu ada juga dukungan untuk Transpor Pengalaman Lapangan (PPL) selama satu bulan Rp. 43.200.000.-. dan untuk pembuatan laporan Pendidikan Profesi Guru sebesar Rp. 16.800.000,-, " tambah Novrizon yang diamini oleh Mahadolog. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru