Wujudkan Pelayanan Publik Berbasis Digital, Rutan IIB Muara Labuh Solsel Gandeng Media Massa

PEMERINTAHAN-234 hit

PADANG ARO - Mewujudkan keterbukaan informasi dan mendukung pelaksanaan program peningkatan kualitas pelayanan publik berbasis digital. Rutan Kelas IIB Muara Labuh, melaksanakan silaturahmi dan berbagi pengetahuan dengan mitra kerja wartawan setempat di kantor Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Muara Labuh, Sabtu (3/4/2021).

Menurut Kepala Rutan Muara Labuh, Sarwono bahwa sesuai dengan perkembangan zaman keterbukaan informasi, dan sebagai tuntutan kerja yang mewajibkan setiap pegawai mampu untuk membuat laporan pekerjaan yang dapat dikonsumsi oleh umum.

Makanya pegawai saat ini dimewajibkan harus bisa menyesuaikan diri, sehingga bisa untuk membuat Press Release yang bisa dibagikan pada wartawan berbagai media massa.

Baca Juga


Artinya selama ini pegawai melaporkan kegiatan, hanya secara lisan, dan kalaupun ada yang tertulis, baru sebatas untuk dikonsumsi dalam lingkungan.

"Kedepan tidak lagi demikian. Kegiatan dibalik dinding tembok ini sudah saat dapat pula diketahui oleh masyarakat diluar sana," tegas Kepala Rutan Kelas IIB Muara Labuh saat itu.

Hadir pada kegiatan silaturahmi dan berbagi pengetahuan dengan mitra kerja wartawan itu Kepala Pengamanan Rutan, Frista Wilza, Kasubsi Pelayanan Tahanan, Ruzdynal, dan beberapa orang pegawai lainnya.

"Hari ini sengaja kita hadirkan seluruh pegawai Rutan dan salah seorang wartawan disini. Tujuannya adalah untuk berbagi ilmu terkait dengan cara membuat laporan kegiatan yang bisa dijadikan bahan publikasi untuk umum, atau cara membuat Press Releasedari hasil kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing pegawai," kata Sarwono.

"Masing-masing bidang harus membuat berita yang dimuat di media online/cetak sebagai bentuk pemberitaan atau informasi yang perlu diketahui masyarakat," tegas Sarwono.

Kembali Sarwono menekankan, bahwa kedepan masing-masing pegawai atau masing pejabat di Rutan ini harus mampu untuk membuat laporan yang bisa dikomsumsi oleh publik melalui media massa. Makanya kita semua juga perlu lebih dahulu mempelajari bagaimana cara untuk membuat Press Releasetersebut.

"Berikutnya sudah pasti pula kita akan menjalin kemitraan dengan berbagai media massa yang ada di daerah ini, baik cetak maupun media online," tambahnya.

"Kemitraan dengan Pers sangat penting, apalagi untuk menyebarkan berbagai informasi atau kegiatan yang ada di Rutan kepada masyarakat, agar tersampaikan dengan cepat," jelas Sarwono.

"Kita dari Rutan Muara Labuh, siap untuk melaksanakan budaya baru yaitu membuat pemberitaan melalui media digital/online sesuai bidang masing-masing," pungkasnya.

Sementara itu wartawan Beritaminang.com , Afrizal Amir yang turut hadir dikesempatan itu, turut berbagi ilmu terkait teknik menulis kegiatan untuk bisa dijadikan sebagai bahan berita.

Diantaranya ia memaparkan teknik dasar untuk menulis di media massa yaitu faktor 5W+1H sangat berguna dalam mengantarkan informasi dengan tepat & benar.

"Artinya faktor 5W+1H itu adalah patokan dasar dalam menyusun news lead pada press release yang bisa dipergunakan oleh pegawai Rutan," katanya.

"Selain itu, pegawai juga diharapkan banyak juga membaca, berdialog dengan banyak wartawan untuk menggali ilmu teknik menulis yang cepat, akurat, dan yang tidak kalah penting adalah untuk melahirkan berita yang benar. Termasuk benar dalam kaidah bahasanya," harap Afrizal Amir.

"Dengan dilakukan silaturahmi ini dapat menambah pengetahuan tentang jurnalis dan tata cara penulisannya secara tepat dan benar, " ungkapnya

Dipenghujung silahtuhrahmi, dilakukan dialog dan berbagi informasi terkait sisi penting dari kegiatan dalam Rutan itu yang bisa dijadikan bahan untuk berita. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru