Mantan Ketua KONI Sumbar Syahrial Bakhtiar Dikukuhkan Sebagai Ketua ISORI

OLAHRAGA-174 hit

JAKARTA - Tokoh olahraga nasional dari Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar, M.Pd dikukuhkan sebagai Ketua Ikatan Sarjana Olahraga Republik Indonesia (ISORI) periode 2021-2025. Profesor Olahraga yang juga mantan Ketua KONI Sumbar ini dilantik langsung beserta jajaran kepengurusannya oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta, pada Rabu, 31 Maret 2021.

Pelantikan ini, sebagaimana dijelaskan langsung oleh Syahrial via telepon, adalah formalisasi dari hasil Musyawarah Nasional ISORI pada 23 Maret 2019 lalu. Namun, dikarenakan situasi transformasi kepemimpinan di Kemenpora serta disusul oleh merebaknya pandemi Covid-19 sepanjang 2020, akhirnya pengukuhan baru terlaksana pada 31 Maret 2021.

Menpora Dr. H. Zainudin Amali dalam sambutannya mengatakan, "ISORI lebih dari sekadar organisasi profesi, melainkan juga mitra think-tank yang selalu dibutuhkan inovasi penelitian serta sumbang sarannya demi kemajuan olahraga nasional. Ke depan, pembangunan dan pembinaan olahraga berbasis science semakin menegaskan eksistensi ISORI. Kesimpulannya, masa depan olahraga nasional tidak hanya berlandaskan program dari Kemenpora, namun juga butuh sokongan ide dan perspektif termutakhir seiring tantangan dan kebutuhan dunia olahraga di masa depan."

Baca Juga


Dalam kepengurusannya, ISORI periode kali ini juga menempatkan beberapa alumni dan pengajar di UNP, yaitu Prof. Dr. Eri Barlian sebagai Sekretaris Jenderal, dan tiga orang tokoh lainnya selaku anggota Dewan Pakar, yaitu Prof. Dr.Phil. Yanuar Kiram, Prof. Dr. Edi Marheni dan Dr. Fauzi Bahar, M.Si. Mereka dibantu oleh jajaran kepengurusan lain dalam berbagai bidang strategis.

Dalam komentarnya setelah dilantik, Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar menegaskan keyakinannya mengenai kebangkitan olahraga nasional yang sebentar lagi akan bersiap menuju visi 2045, saat NKRI berusia 100 tahun.

"Kita akan selalu memberikan sumbangsih kepada arah kebijakan dan pembinaan olahrga nasional. Salah satunya mesti diupayakan kepada penelitian dan inovasi di bidang pemanduan bakat (talent scouting) sejak usia dini. Negara maju berhasil olahraganya disebabkan selalu serius dan giat menumbuhkan serta membina bakat-bakat atlet di usia dini melalui program terukur. Bangsa yang maju itu sudah pasti masyarakatnya gemar berolahraga, olahraga menjadi budaya, sehingga kualitas kesehatan masyarakat juga terjaga secara positif," demikian Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar, M.Pd. (MIG/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru