LP3M Adakan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Selingkungan UNP

PENDIDIKAN-285 hit

PADANG - Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Negeri Padang (LP3M) melalui Pusat Penjaminan Mutu, mengadakan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu selingkungan Universitas Negeri Padang secara virtual, Sabtu, 27 Maret 2021. Narasumber tunggal adalah Hari Prasetyo, S.T, M.T, Ph.D yang merupakan asesor BAN-PT sekaligus instruktur SPMI Dikti Kemendikbud dan sehari-hari adalah dosen di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dr. Kasmita, S.Pd., M.Si, selaku Kepala Pusat Penjaminan Mutu (Penjamu) LP3M dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh Ketua dan perwakilan Unit Penjaminan Mutu dari 106 Prodi selingkungan UNP dan Ketua serta perwakilan Gugus Penjaminan Mutu dari 8 Fakultas, ditambah GPM tingkat Pascasarjana. Tujuan pelatihan ini adalah menuju terciptanya kualitas SDM yang mumpuni dalam membangun Sistem Penjaminan Mutu yang semakin kokoh di UNP.

Sementara Kepala LP3M UNP, Prof. Dr Jamaris mengatakan, "Sistem penjaminan mutu menjadi tonggak utama bagi Universitas, sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dan prioritas pertama kampus. Beberapa program untuk mencapai internasionalisasi tidak akan berhasil jika sistem penjaminan mutu tidak berjalan dengan baik. Sistem penjaminan mutu internal hendaknya menjadi komitmen Bersama, dikarenakan setiap komponen di setiap tingkatan mesti bermutu." Lebih lanjut, Jamaris mengatakan, GPM dan UPM ke depan harus menjadi bagian integral. GPM akan sejajar dengan Dekan, UPM akan sejajar dengan Pimpinan Prodi, agar setiap kebijakan seiring selangkah dengan GPM dan UPM, konsekuensinya pengambilan kebijakan mesti melibatkan GPM dan UPM.

Baca Juga


Wakil Rektor I UNP, Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt, dalam sambutannya mengatakan, peningkatan kualitas penjaminan mutu wajib kita mutakhirkan kualitasnya disebabkan kini berpatokan pada kriteria kesembilan. "Kita perlu melihat kembali sistem penjaminan mutu di UNP agar beberapa kekurangan dapat diperbaiki baik secara dokumen maupun implementasi. Semoga kegiatan kita hari ini berjalan sesuai rencana dan menghasilkan dampak positif bagi kemajuan sistem penjaminan mutu di UNP."

Dalam paparan awalnya, secara umum narasumber mengatakan bahwa penjaminan mutu saat ini sangat penting dan merupakan rohnya perguruan tinggi. "Sistem penjaminan mutu sudah memiliki dasar hukum yang menjadi pedoman dan mengedepankan pentingnya penjaminan mutu yang berkaitan dengan standar nasional pendidikan tinggi," demikian Hari Prasetyo, S.T, M.T, Ph.D.(MIG/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru