Pilih Nahkoda Baru, AJI Padang Gelar Konferta ke-VI

POLITIK-587 hit

PADANG - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang akan menggelar Konferensi Kota (Konferta) ke-VI, Sabtu (27/3/2021). Konferta ke-VI ini akan memilih ketua dan sekretaris baru untuk memimpin AJI Padang tiga tahun ke depan, yaitu periode 2021-2024, menggantikan ketua periode sebelumnya (2018-2021) yang dijabat oleh Andika D Khagen (Jurnalis Klikpositif.com).

Ketua AJI Padang, Andika D Khagen mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan dari berbagai organisasi jurnalis, LBH Pers Padang, rekan jurnalis, dan rekan-rekan aktivis masyarakat sipil lainnya di Sumatera Barat (Sumbar), yang selama ini sudah sama-sama berjuang untuk kebebasan pers dan kebebasan berekspresi bersama AJI Padang.

Andika berharap elemen pers di Sumbar, aktivis masyarakat sipil dan semua elemen masyarakat tetap dan terus berjuang untuk membela kebebasan pers serta kebebasan berekspresi.

"Kepada Ketua dan Sekretaris AJI Padang terpilih nanti, tertumpang harapan yang sebesar-besarnya untuk tetap memperjuangkan Tri Panji AJI, yakni kemerdekaan pers, profesionalisme jurnalis, dan kesejahteraan jurnalis," ujar Andika, Jumat (26/3/2021).

Sementara itu, Ketua Panitia Konferta ke-VI AJI Padang, Zulfikar (Jurnalis Padangkita.com) mengatakan, karena Pandemi Covid-19, awalnya Konferta akan digelar secara daring. Namun, dengan sejumlah pertimbangan, akhirnya diputuskan bahwa Konferta tak hanya digelar secara daring, tapi juga tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Bahkan, untuk jumlah peserta juga kita batasi, dengan menyesuaikan kapasitas tempat yang akan digunakan. Tempat atau lokasi untuk Konferta ke-VI ini juga merupakan ruangan terbuka," ujar Zulfikar, Jumat (26/3/2021).

Konferta ke-VI digelar di kantor redaksi mentawaikita.com di Jalan Gunung Semeru No. 3, Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

"Bagi anggota AJI Padang yang berada di luar daerah, mereka bisa mengikuti Konferta ke-VI secara daring, dan bagi anggota AJI Padang yang berada di Kota Padang, bisa memilih untuk ikut daring ataupun tatap muka," ungkapnya.

Selain itu, Konferta AJI Padang juga akan dihadiri perwakilan dari AJI Indonesia, yaitu Yoso Muliawan, Pengurus AJI Indonesia Bidang Organisasi dan Ramond Epu, Wakil Koordinator Wilayah (Korwil) Sumatera.

"Semoga Konferta kali ini bisa membuat keputusan, program kerja dan pengurus yang mampu membawa AJI Padang semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas, serta berperan aktif dalam menjaga dan menggawangi kebebasan pers di Padang khususnya dan Sumatera Barat (Sumbar) pada umunya," kata Zulfikar.

Hingga saat ini, sudah ada sejumlah nama yang mengapung dalam bursa pemilihan Ketua AJI Padang dalam Konferta ke-VI nanti. Di antaranya, Aidil Ichlas (Berita Satu TV), Ade Suhendra (Sudut Payakumbuh), Rus Akbar (Okezone.com), Yose Hendra (Media Indonesia), Fajar Rillah Vesky (Padang Ekspres), Gerson Merari Saleleubaja (Mentawaikita.com), Heri Faisal (Langgam.id), Andika D Khagen (Klikpositif), Donal Meisel (TV One), Ramono Aryo (Padangkita.com), Marjeni Rokcalva (beritaminang.com), dan Yonda (Covesia.com). (Rel/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru