KONI Solsel Bakal Gelar Seleksi Fisik Atlet Jelang Porprov Sumbar

OLAHRAGA-300 hit

PADANG ARO - Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Solok Selatan kembali bakal melaksanakan tes fisik bagi atlet binaan KONI dan atlet yang direkomendasi oleh Pengurus Cabang Olahraga (Pencabor).

"Kegiatan tes fisik ini adalah lanjutan dari pelaksanaan tes fisik sebelumnya yang dilaksanakan pada akhir tahun 2020 lalu," kata Ketua Koni Kabupaten Solok Selatan, Rengga Husada saat rapat persiapan panitia pelaksana kegiatan tes pisik di Kantor KONI setempat.

Hadir pada rapat tersebut, Sekretatis Koni Solsel, Isyuliardi Maas, Ketua Pelaksana Tes fisik Atlit tahap kedua, Ronal Hanifan, serta sebagian anggota pelaksana.

Baca Juga


"Pelaksanaan tes fisik kali ini sangat penting dan jauh berbeda dengan pelaksanaan tes fisik tahap pertama lalu, karena secara umum yang akan di tes itu adalah atlet yang prioritas meraih medali Porprov," kata Rengga.

Pelaksanaan tes fisik dikatakan penting, karena ajang ini sebagai evaluasi terhadap atlet yang didukung dengan dana pembinaan, demikian juga untuk Pengurus Pengcab dan pelatih.

"Hal ini karena pihak KONI akan mengkucurkan kembali dana pembinaan, baik untuk atlet, Pengcab, dan dana binaan untuk pelatih atlet berprestasi," katanya.

"Kegiatan tes fisik ini, akan dievaluasi hasilnya dengan perbandingan hasil tes fisik yang dilaksanakan sebelumnya sebagai acuan, dan disandingkan dengan target yang kita tetapkan," terang Rengga.

Artinya atlet yang mengikuti tes saat ini, jika dilihat hasilnya, tidak baik dari hasil tes tahap pertama, atau hasilnya biasa biasa saja, maka sesuai evaluasi bisa-bisa atlet ini akan tergradasi.

Jadi tes ini tentu sebagai bahan untuk KONI dalam rangka pendistibusian bantuan dana pembinaan cabang olahraga, bantuan dana pembinaan atlet berprestasi, dan dana bantuan untuk pelatih.

"Sementara itu Cabang Olahraga (Cabor) yang ikut tes seleksi fisik tahap kedua ini di target minimal 30 cabor dari 43 cabor yang ada di KONI Solsel. Hal ini sekaitan dengan ada beberapa cabor yang SK kepengurusannya sudag habis," jelas Rengga.

"Tahun lalu, pada seleksi tahap pertama ada 17 cabor yang ikut, saat seleksi tahap dua ini minimal harus 30 cabor yang ikut," pungkas Rengga.

Sementara itu Ketua Pelaksana Seleksi fisik atlet tahap dua, Ronal Hanifan menjelaskan, bahwa item tes fisik yang akan dilaksanakan kali ini masih sama dengan yang tahap pertama, yaitu sebanyak 11 item.

"Untuk sepuluh item atau pos seleksi akan ditempati dua orang kepanitiaan, dan pada pos Vo2 Max akan melibatkan seluruh panitia. Adapun tempat pelaksanaan kegiatan adalah di Gor 'Gelora Energi' pada hari Minggu (28/3/2021)," pungkas Ronal Hanifan. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru