Hebat! Siswa SMAN 1 Solsel Dominasi Lolos SNMPTN 2021 Berbagai Jurusan Kesehatan

PENDIDIKAN-1700 hit

Padang Aro - Musim seleksi masuk perguruan tinggi mulai bergema, hal itu di awali sejak keluarnya hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2021 Senin (22/3/2021) kemarin.

Hebatnya, SMA Negeri 1 Solok Selatan yang merupakan SLTA tertua di daerah tersebut, pada hasil sementara, tercatat 29 orang yang lulus lewat jalur SNMPTN tahun ini diberbagai perguruan tinggi.

Bahkan enam orang siswa dari sekolah yang dipimpin H. Asril itu lulus di Unand Padang dengan jurusan Kedokteran ( Rilli Dwi Fahdillah), Kedokteran Gigi (Aldo Lusiayuza), Kebidanan (Fadhillah Julia Putri), Keperawatan (Natasha Lidia Putri), Kesmas (Pujatul Hasanah) dan jurusan Farmasi (Agus Tiara Puti).

Bahkan ada juga yang diterima di Politeknik Kesehatan. Sedikitnya untuk pendidikan dibawah naungan Kemenkes ini ada 8 orang yang diterima. Saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan kesehatan, " jelas Asril, Rabu (24/3/2021)

" Alhamdulillah pada tahun ini, siswa kita mampu lulus di berbagai perguruan tinggi terbaik negeri ini, bahkan tahun ini untuk berbagai ilmu kesehatan mampu didominasi mereka, " kata Asril.

Tidak itu saja, menurut H. Asril didampingi Waka Humas, Jeka Qulmar, beberapa orang siswanya tercatat juga di terima di jurusan yang sangat favorit dan di perguruan tinggi bergengsi lainnya.

Seperti di IPB ada Angga Mardian Dara di jurusan Arsitektur Lanscape, Mhd. Bintang Rafli Ardian jurusan Agro Holtikultura, dan Rahmi Kemala Yukri jurusan Bisnis. Selain itu ada Awickra Rahmat Zatria ( Planologi - ITERA ), Mhd . Fauzani ( Teknik Geologi - Univ Pertamina ) dan Fadhillah Maulana ( STT Telkom )," jelas Asril.

" Pada tahun ini, sebanyak 227 jumlah siswa kelas XII sekolah itu, lebih kurang 40 orang sudah dipastikab diterima lewat jalur SNMPTN," katanya.

Mampunya siswa SMA Negeri 1 Solsel ini lulus diberbagai perguruan tinggi ternama dengan jurusan yang favorit, tidak lain tidak bukan adalah efek dari dua kegiatan yang dilaksanakan sekolah untuk siswa tanpa dipungut biaya.

" Sebelum ini, pihak sekolah dengan dukungan dana BOS dan dana Komite sekolah menyelenggarakan kegiatan tes peminatan dan bimbingan pemilihan jurusan di perguruan tinghi, serta kegiatan Tri Out UTBK SBMPTN bersama lembaga Nurul Fikri," terang Asril.

Sisi lain yang tidak kalah penting untuk keberhasilan siawa dalam mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi itu adalah dukungan orang tua dan masyarakat disekitar sekolah.

Bahkan disiplin dan ketaat dalam melaksanakan tanggungjawab menuntaskan pembelajaran oleh guru bidang studi dengan koordinator para Wakil Kepala Sekolah juga menjadi bagian dari kesuksesan siswa diterima di berbagai perguruan tinggi tersebut, " tambah Asril.

Maka dikesempatan ini, Asril juga mengucapkan apresiasi pada Waka Kurikulum, Cencen Putri Ayu. M. Pd, Waka Kesiswaan, Widik Rice Jelita. M. Pd, Waka Sapras Zul Ashari, S. Pd dan Waka Humas, Jeka Qulmar. S. Pd," katanya.

Kedepan, pihak sekeloh masih menunggu hasil seleksi masuk perguruan tinggi dari jalur lain, seperti SNMPTKIN, Politeknik, Sekolah Kedinasan, serta SBMPTN, jalur mandiri dan yang kuliah di Perguruan Tinggi Swasta, " pungkas Asril. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru