Reses ke Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Warga Minta Bangun SMA ke JJ Dt. Gadang

POLITIK-684 hit

PADANG PARIAMAN - Giliran Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging yang didatangi Anggota DPRD Sumbar Jasma Juni (JJ) Dt. Gadang, SE guna menyerap aspirasi masyarakat di Dapil Padang Pariaman dan Kota Pariaman selama masa reses pertama di awal tahun 202, Jumat (19/3/2021).

Bertempat di aula pertemuan kantor Wali Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, JJ Dt Gadang menyerap aspirasi warga yang disampaikan Wali Nagari Mayuni Dt. Kamulia, Ketua Bamus Yunisman Rangkayu Gindo Marajo dan Camat Sungai Geringging Kecil Ardinata.

Ada dua aspirasi utama yang disampaikan mereka kepada Anggota DPRD Sumbar dari Partai Gerindra ini. Pertama, meminta dibangunkannya Sekolah Menengah Atas (SMA) yang tanahnya sudah ada sejak tahun 2017 lalu dan pernah disampaikan kepada Pemkab Padang Pariaman. Kedua, normalisasi sungai guna mencegah kerusakan kapalo banda (irigasi) yang mengairi lebih dari 20 hektar sawah milik rakyat. Disamping dua usulan diatas, warga juga minta perbaikan drainase, jalan masjid dan pemasangan keramik di mesjid.

Baca Juga


Menanggapi aspirasi masyarakat ini, Jasma Juni Dt. Gadang, SE, akan memperjuangkan dalam anggaran APBD Sumbar, terutama dana pokir yang ditempatkan di dinas terkait.

Khusus pembangunan SMA baru yang merupakan SMAN 2 Sungai Geringging, JJ Dt Gadang, akan membicarakan ini dengan Komisi V DPRD Sumbar dan Dinas Pendidikan Sumbar. Termasuk normalisasi sungai dengan Dinas terkait, seperti Dinas PSDA dan Dinas Pertanian.

JJ Dt Gadang cukup prihatin atas lambannya reaksi pemerintah kabupaten menanggapi keluhan tentang pendiriaan SMA baru ini. Karena ini salah satu kendala bagi anak-anak melanjutkan sekolah ke ibukota kecamatan yang jaraknya hampir 12 km dari Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu ke ibukota kecamatan Sungai Geringging letak SMA saat ini.

"Jelas ini akan menyebabkan akan banyak lulusan SLTP yang susah lanjut ke SLTA, dan akhirnya penyiapan SDM jelas terganggu. Saya tak ingin menyalahkan siapa-siapa, yang jelas aspirasi ini akan menjadi perhatian kami sebagai wakil rakyat Sumbar asal Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman," tegasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan Anggota Bamus, Kepala Korong, tokoh masyarakat dan bundo kanduang serta pemuda/i yang ada di Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu. (MR)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru