Nagari Bomas Pertama di Solsel yang Menyalurkan BLT-DD Tahun 2021

PEMERINTAHAN-382 hit

PADANG ARO - Nagari Bomas pertama di Kabupaten Solok Selatan yang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahun anggaran 2021.

Bahkan menurut Camat Sungai Pagu, Roly Almar yang hadir serta didaulat untuk melakukan penyerahan BLT-DD pada penerima di depan kantor wali setempat mengungkapkan apresiasinya pada selurung perangkat nagari, Bamus Nagari, Pendamping Desa, dan khusunya pada Wali Nagari Bomas yang telah mampu menjadi yang pertama dalam penyaluran bantuan untuk warga miskin.

"Ditengah kesulitan yang dihadapi masyarakat di masa pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri ini, datang bantuan dari Pemerintah lewat program BLT-DD. Hal ini tentu sebuah berkah yang harus disyukuri oleh penerima," harap Rolly saat menyampaikan arahan.

Baca Juga


Hadir saat penyerahan BLT-DD di Nagari Bomas tersebut, Camat, Rolly Almar, Tenaga Ahli PMD, Gustizulfadli, Pj. Wali Nagari Yuliherman, Ketua Bamus Mairinaldo Sahputra, Pengurus LPM, Babinsa, Bhabimkantibmas, tokoh masyarakat, dan para calon penerima bantuan.

Rolly Almar juga berharap pada penerima bantuan agar mempergunakan dana BLT untuk kebutuhan hidup. Jadikan bantuan ini sebagai mendukung masyarakat untuk memenuhi kebutuhan yang betul-mendesak untuk keluarga, baik untuk pangan maupun untuk kesehatan.

"Jadi bantuan ini jangan dipergunakan untuk hal-hal yang tidak begitu penting, atau untuk membeli perangkat yang tidak berkaitan dengan ketahanan rumah tangga," harapnya.

Sementara itu, Pj. Wali Nagari Bomas Yuliherman didampingi Ketua Bamus Nagari, Mairinaldo Sahputra mengajak semua masyarakat calon penerima bantuan agar menjaga amanah Pemerintah yang sudah diatur dalam regulasi untuk BLT-DD itu.

"Pergunakan untuk kepentingan keluarga, kesehatan, terutama sesuai dengan regulasi peruntukan BLT yang sudah ditetapkan pemerintah. Pada tahun 2021, sesuai dengan regulasi PMK 222 tahun 2020 Tentang Pengelolaan Dana Desa dan hasil Musyawarah Nagari, Nagari Bomas menetapkan 43 penerima BLT DD tahun ini," tambah Yuliherman.

"Tahun ini penerima BLT DD Bomas sebanyam 43 Keluarga Penerima Mamfaat (KPM)," jelas Yuliherman.

"Para penerima BLT-DD kali ini dibayarkan untuk selama tiga bulan. Dimana setiap bulannya dibayarkan Rp. 300 ribu. Maka total diterima KPM saat ini sebesar Rp. 900 ribu, " katanya.

"Saya apresiasi perangkat nagari, Bamus, tim verifikasi penerima bantuan serta pihak pendamping desa, kecamatan dan kabupaten, yang sudah turut mendukung hungga bisa Bomas sebagai nagari pertama dalam penyaluran bantuan," kata Yuliherman.

Sedangkan Ketua Bamus, Mairinaldo Sahputra atas nama masyarakat nagari mengucapkan terimakasih pada wali nagari, kepala Jorong, pendamping desa/nagari yang sudah menetapkan masyarakat penerima bantuan.

"Semoga penetapan penerima bantuan betul-betul dipergunakan sesuai peruntukannya, dan kepada penerima juga diminta dapat menjaga amanah terkait bantuan Dana Desa yang diprogram dalam bantuan lansung tunai ini," pungkasnya

Sementara itu Tenaga Ahli PMD, Gustizulfadli, didampingi Pendamping Kecamatan dan Desa/nagari menjelaskan, bahwa tahap pertama ini baru 12 Nagari di Solsel yang sudah masuk dananya ke rekening Nagari.

"Khusus untuk BLT-DD, oleh Pemerintah Pisat baru di kucurkan sebesar 40 %, dan setelah pelaporan penyaluran pertama selesai barulah ditambah lagi sisanya," jelas Gusti.

"Terkait dengan calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari BLT-DD, sepenuhnya ditetapkan sesuai regulasi PMK. Pasal 39 ayat 2. Diantaranya KPM BLT DD ini tidak menerima bantuan lainnya, seperti bantuan jaringan pengaman sosial (PKH, Bantuan Pangan Non Tunai)," tegas Gusti. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru