Festival Hoyak Tabuik Piaman 2021 akan Digelar dengan Prokes Ketat

PARIWISATA-845 hit

PARIAMAN- Pemerintah Kota Pariaman, dalam tiga tahun kepemimpinan Walikota Pariaman Genius Umar didampingi Wakil Walikota Mardison Mahyuddin terus lakukan berbagai upaya untuk promosikan Kota Pariaman yang berjuluk The Sunset City of Indonesia, khususnya di bidang kepariwisataan.

Hal ini menjadi langkah pemulihan ekonomi masyarakat dalam masa pandemi dengan mengusulkanFestival Hoyak Tabuik Piaman menjadi TOP 100 Kharisma Event Nusantara 2021 oleh kalender event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemen-Parekraf RI).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono, Kamis (18/3/2021), mengatakan, ia telah melakukan presentasi dengan Kemen-Parekraf RI terkait usulan Festival Hoyak Tabuik Piaman menjadi TOP 100 Kharisma Event Nusantara 2021 secara daring.

"Dalam presentasi tersebut, Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman lolos ke tahap kurasi kedua, Rabu (17/03/2021) siang, kita sudah mempresentasikan proposal kegiatan Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman di depan para kurator yaitu Galih Sedayu yang merupakan seorang seniman / ICCN dan Eko Suprianto atau Eko PC, seorang dosen seni tari ISI Solo dan mantan penari latar Madona dan sudah menyandang gelar doktor seni tari," ungkap Marhen.

Dalam paparannya melalui daring, Marhen menyampaikan event Pesona Hoyak Tabuik Piaman 2021 ini sudah terselenggara sejak tahun 1910 atau sekitar 110 tahun.

"Kita juga menegaskan Pesona Hoyak Tabuik 2021 akan digelar dengan CHSE / protokol kesehatan yang ketat, maksimal hanya ada 500 orang yang boleh memasuki area dan yang lain bisa nonton di TV dan Live Streaming," kata Marhen.

Atraksi budaya terpopuler terbaik ke-3 API 2015 ini direncanakan akan digelar bersamaan dengan event Pariaman Triathlon 2021 dalam rentang waktu 15 - 22 Agustus 2021 di Pantai Gandoriah Kota Pariaman dan akan dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, dan beberapa menteri kabinet lainnya.

Selanjutnya, sambung Marhen, nanti kita tunggu hasil seleksi dari Kemen-Parekraf RI, dan kalau sudah lolos 100 besar baru Walikota Pariaman Genius Umar yang akan memaparkan ke Kemen-Parekraf RI.

Saat ini, ada 155 usulan event daerah yang masuk kedalam tahap kurasi kedua. Marhen beserta jajarannya juga telah mempersiapkan bahan paparan berupa proposal kegiatan sesuai dengan isian formulir usulan event dan video pelaksanaan event.

"Ayo sama-sama kita doakan dan dukung pelaksanaan event ini, semoga Festival Hoyak Tabuik Piaman masuk dalam kategori TOP 100 Kharisma Event Nusantara 2021," singkat Marhen mengakhiri. (Fadli)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru