Sudah Terbit Buku Bunga Rampai Karya Terbaik Festival Sastra Mursal Esten V, FBS UNP

PENDIDIKAN-269 hit

Padang-Buku Bunga Rampai Karya Terbaik hasil Festival Sastra Mursal Esten V 2020 tahun lalu sudah diterbitkan dengan tajuk "Nyanyian Orang Lapar" dan diserahkan oleh Dr. Yenni Hayati, M.Hum., Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia kepada Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., Dekan FBS Universitas Negeri Padang bertempat di Kampus FBS UNP Air Tawar Padang.

Pada kesempatan itu Dr. Yenni Hayati, M.Hum., Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNP kepada wartawan portal beritaminang.com menyampaikan bahwa dalam buku memuat Karya mahasiswa FBS Universitas Negeri Padang dan karya mahasiswa 22 perguruan tinggi lainnya yang dinyatakan sebagai pemenang Festival Sastra Mursal Esten V di tahun 2020 lalu.

"Masa pandemi tidak menyurutkan semangat mahasiswa yang ikut lomba. Tentunya, Festival Sastra Mursal Esten V yang diselenggarakan dengan cara yang berbeda yakni diselenggarakan secara daring dengan melibatkan beberapa dewan juri yang profesional," tegas Dr. Yenni Hayati, M.Hum., Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Padang.

Baca Juga


Pada kesempatan itu, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., Dekan FBS Universitas Negeri Padang mengemukakan alasan kenapa Festival Sastra ini menggunakan nama Mursal Esten. Menurut Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., Prof. Dr. Mursal Esten adalah nama salah seorang kritikus sastra Indonesia yang merupakan staf pengajar di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP Padang) yang kini bernama Universitas Negeri Padang. Selain itu, semasa hidup beliau, Prof. Dr. Mursal Esten juga pernah sebagai Ketua HISKI dan sebagai Direktur ASKI Padangpanjang.

"Dalam buku ini dimuat karya terbaik hasil festival sastra yang dimaksud sebagai karya kreatif para mahasiswa Indonesia dalam bidang bahasa dan sastra. Setidaknya, Festival Sastra Mursal Esten ini telah memotivasi mahasiswa Indonesia untuk tetap kreatif dan menghasilkan karya kreatif dalam bidang bahasa dan sastra pada masa pandemi Covid-19 tahun 2020 ini," jelas Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., Dekan FBS Universitas Negeri Padang.

Lebih lanjut Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., Dekan FBS Universitas Negeri Padang, menegaskan bahwa sesungguhnya Festival Sastra Mursal Esten diharapkan tetap dilaksanakan secara berkesinambungan setiap tahun secara nasional dan jika perlu dilaksanakan dalam lingkup negara ASEAN.

"Kreativitas dalam bidang bahasa dan sastra oleh mahasiswa Indonesia harus selalu ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya. Hal ini disebabkan teknologi digital telah mempermudah para mahasiswa untuk menghasilkan karya kreatif dibandingkan era manual menggunakan mesin ketik pada masa lalu," tukuk Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., Dekan FBS Universitas Negeri Padang.

Oleh karena itu, kata Dekan FBS UNP, kemudahan dan ketersediaan teknologi digital seperti komputer, laptop, dan ponsel harusnya memacu kreativitas bahasa dan sastra untuk menghasilkan karya-karya yang berkualitas dibandingkan generasi masa lalu. (MRC)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru