Tak Hanya Mandeh, Kesultanan Inderapura Potensi Besar Pariwisata di Pessel

PARIWISATA-789 hit

PADANG - Rapat Koordinasi pemerintah daerah dalam rangka membahas singkronisasi program kegiatan pembangunan provinsi dengan kabupaten kota se Sumbar tahun 2022 periode 2021 - 2026 yang dilaksanakan di Auditorium Gubernuran, Selasa (9/3/2021).

Gubernur Sumbar Mahyeldi ketika membahas pembangunan di Kabupaten Pesisir selatan mengatakan, menurut sejarah ternyata Sumatera Barat menyimpan sejarah tentang keberadaan Kesultanan Indrapura yang tepatnya berlokasi di Kabupaten Pesisir selatan. Keberadaan Sri Kesultanan Inderapura memiliki hubungan yang erat dengan keberadaan kerajaan yang ada di Malaysia, Thailand Selatan dan Brunai Darusalam.

"Ini merupakan suatu potesi cukup besar dalam mengembangkan dari segi kebudayaan dan pariwisata," ungkapnya.

Mahyeldi berharap ada kerjasama dengan negara - negara yang berhubungan dengan kerajaan Kesultanan Inderapura, bahkan negara tersebut berencana akan membangun kembali kerajaan Inderapura tersebut.

"Kesempatan ini yang perlu kita sikapi segera. Cuma penduduk Indrapura belum siap dan tidak kompak. Untuk itu saya minta Pemkab Pesisir Selatan segera menyikapi ini," ujarnya.

Kalau semua masyarakat Indrapura kompak dan solid tahun 2022 sudah bisa melakukan pembangunan kerajaan tersebut. Kalau memang hubungan kerjasama ini bisa terwujud, maka tahun 2021 ini, gubernur harapkan pemkab Pesisir Selatan bisa membenahinya.

"Kalau pemkab Pesisir Selatan bisa membenahinya, tahun 2021 kita akan lakukan perencanaan dan tahun 2022 dilakukan pembangunan," harapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan, bahwa perlu sinergitas dalam perencanaan pengelolaan anggaran dalam bidang pariwisata dengan pemprov dengan kabupaten.

"Saya minta supaya Pemdanya kompak, masyarakat kompak karena pariwisata itu industri yang cepat membuka lapangan kerja, bisa memberi dampak kesejahteraan," sebutnya .

Menurutnya, pemerintah sedang membangun proyek infrastruktur dengan masif untuk semua tempat yang strategis untuk menujang perekonomian masyarakat.

"Kalau mau maju, kabupaten Pesisir Selatan harus terbuka penggunaan teknologi yang akan mengubah semua. Mulai dari pertanian, perikanan, perternakan dan sampaik di bidang pariwisata, InsyaAllah Pesisir Selatan maju," tambah Audy. (Hms/MR)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru