Wako Sawahlunto Deri Asta Minta Pemdes Sinergi Entaskan Kemiskinan

EKONOMI-141 hit

SAWAHLUNTO - Program pengentasan kemiskinan untuk kesejahteraan masyarakat, serta pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak menjadi isu utama yang mendapat perhatian Pemerintah Kota Sawahlunto dalam rapat koordinasi dengan Pemerintahan Desa dan Kelurahan serta unsur Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), dan Kerapatan Adat Nagari (KAN), di Camping Ground, Kandi, Sawahlunto, Sumbar, Senin (8/3/21).

Hal lain yang mengemuka dalam rakor tersebut juga terkait perkembangan situasi dan kondisi terkini menyangkut aspirasi atau keinginan masyarakat dalam berbagai program pembangunan yang dilakukan pemerintah. Situasi ini sejalan dengan dengan ekspose Walikota Deri Asta yang memaparkan tentang program - program sedang berjalan dan yang akan direalisasikan.

Dikutip dari Humas Pemko, menyangkut persoalan pengentasan kemiskinan baik di Desa maupun dan Kelurahan, Wako Deri Asta minta seluruh jajaran pemerintahan desa dan kelurahan harus membangun sinergitas dan koordinasi dengan Pemko Sawahlunto dalam pelaksanaan program pengentasan kemiskinan yang dilakukan sehingga dapat mengurangi jumlah penduduk miskin minimal 1 hingga 5 orang setiap tahun.

Baca Juga


"Sesuai surat edaran yang diterbitkan pemerintah, khususnya kepada Pemerintah Desa kami minta agar menganggarkan minimal 20 persen dari Anggaran Dana Desa (ADD) untuk menggerakkan sektor usaha produktif dalam penguatan ekonomi masyarakat sehingga angka angka kemiskinan terus menurun." tutur Deri Asta.

Dalam konteks pembangunan sektor ini, guna mendapatkan nilai ekonomi yang lebih produktif bagi masyarakat menuju kehiduopan yang lebih sejahtera, Wako Deri Asta memberi contoh banyak hal yang bisa dilakukan dengan memberikan bantuan seperti bibit ternak kambing, ayam, itik dan lain-lain. Termasuk bidang pertanian seperti contoh dilakukan Pemdes Kubang Tangah dan Pemdes Kolok Mudik dengan ladang pertanian bawang merahnya.

Lainnya, Pemdes dan Kelurahan hendaknya juga mampu membuka peluang peningkatan ekonomi dengan mengoptimalkan program pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sehingga potensi ini mampu menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih signifikan.

Menyikapi pelaksanaan Pilkades 2021, ada 8 desa di Kota Sawahlunto yang akan melaksanakannya. Pemerintah Kota Sawahlunto mengingatkan agar proses demokratisasi di pedesaaan berjalan dengan baik sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku serta disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan karena kini masih dalam pandemi COVID-19.(Iyos)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru