Pemerintahan Nagari di Solsel Kewalahan Akibat Dana Belum Masuk

PEMERINTAHAN-819 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

Padang Aro - Hingga saat ini seluruh nagari di Solsel belum peroleh anggaran Pemerintahan Nagari Tahun 2021, baik Dana Desa (DD) dari Pusat maupun dana ADD yang dari APBD Solsel.

" Sudah memasuki bulan ketika, belum juga masuk dana untuk nagari, yang bisa digunakan untuk kegiatan maupun untuk pembayaran honor perangkat nagari," kata Pepi Suhendra.

Bahkan beberapa Wali Nagari lain juga mengungakap hal yang sama. Mereka sangat sayangkan, tentang keterlambatan dari masuknya dana untuk nagari, baik dana DD maupun ADD dari pejabat pengelolah keuangan nagari di Kabupaten.

Baca Juga


Jangankan untuk melaksanakan kegiatan yang sudah di program dalam APB Nagari, honor untuk keberlansungan hidup perangkat saja sudah tiga bulan belum terbayarkan, " kata Pepi

Padahal sesuai aturan, kami wali nagari sudah jauh hari menyiapkan dan telah menyerahkan APB-Nagari pada pejabat di Dinsos, PMD/N Solsel. Bahkan sudah jauh hari pula diterima dan di setujui, " tambahnya.

Wali Nagari Pasir Talang, Nopi Wandra juga mengungkapkan hal yang sama. Bahwa hingga kini dana Nagari belum ada yang masuk, sehingga beberapa kegiatan di nagari ada yang belum bisa terlaksana dengan cepat.

Termasuk untuk pengalokasian dana untuk BLT Covid. Selain dana belum masuk, pihaknya juga masih menunggu regulasi Pemkab. Solsel terkait pencairan dan penyalurannya," jelas Nopi.

Semenyara itu, Kabid Pemnag Dinsos, PMD/N Solsel, Azwar, didamping Kasi Pelaporan Evaluasi Keuangan dan Aset Nagari Bidang Pemnag, Aribel mengatakan bahwa masalah keterlambatan dana nagari itu, dikarenakan ada beberaoa regulasi yang harus diterbitkan dari pimpinan (Bupati/Sekdakab. Solsel-red).

Selain itu, pengurusan regulasi terkait Perbub untuk pencairan dana DD maupun ADD saat ini sudah sepenuhnya diserahkan ke BPKD, jadi sebaiknya ditanyakan ke instansi tersebut, " tambah Azwar.

Sementara itu, Sekretaris BPKD, Marfiandi Arief menjelaskan, bahwa regulasi terkait pencairan dana untuk Nagari itu tinggal menunggu tanda tangan Setda saja lagi. Inshaa Allah dalam minggu ini, sudah selesai.

" Saat ini, kami sedang menunggu tanda tangan Pak Sekda, dalam minggu ini sudah bisa selesai, " kata Marfiandi Arief. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru