Melalui Duta Genre, Solok Selatan Lahirkan Generasi Muda Berkarakter Bangsa

KESEHATAN-255 hit

PADANG ARO - Puncak pemilihan duta Generasi Berencana (GenRe) Solok Selatan tahun 2021 diikuti 15 pasang peserta, ajang tersebut dibuka Plt. Sekda Solsel, Doni Rahmat Samulo mewakili Plt. Bupati Solok Selatan, di aula Sarantau Sasurambi, Rabu, (3/3).

Ketua pelaksana kegiatan, Kadis Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB, PP&PA) Kabupaten Solok Selatan, Lora Ayahanda Putri pada kesempatan tersebut mengatakan, tujuan dari ajang pemilihan duta GenRe adalah dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja.

Artinya remaja diharapkan ada pemahamannya, tentang pendewasaan usia perkawinan, sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana. Muaranya mereka akan menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Baca Juga


"Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda," terang Lora.

Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif) guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Keberadaan duta Genre sekaligus menekan maraknya permasalahan remaja, dan yang yang paling menonjol adalah permasalahan seputar seksualitas.

Persoalan HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba dan rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan usia kawin pertama yang relatif masih rendah, masih menimpa kaum remaja, sehingga peran Duta Genre perlu terus digiatkan.

Lebih lanjut dikatakan Lora, puncak pemilihan duta genre mencari 1 (satu) pasang. Kemudian dilanjutkan mengikuti audisi di tingkat Provinsi sampai ke tingkat Nasional.

Pembukaan puncak pemilihan duta GenRe juga dihadiri Kepala Perwakilan BKKN Sumbar, Fatmawati. Dalam sambutan singkatnya ia mengatakan BKKBN memiliki tagline baru untuk generasi muda, tagline itu adalah "berencana itu keren".

Plt. Sekda Solsel, Doni Rahmat Samulo yang membuka ajang bergengsi tersebut berharap ajang pemilihan duta GenRe agar tidak hanya sebagai ajang seremonial saja. Akan tetapi hendaknya betul-betul berdaya guna sesuai program dan tujuan dari pelaksanaan pemilihan Duta Gendre itu.

"Setidaknya, kegiatan ini dapat menjadi ajang untuk memotivasi diri bagi generasi milineal. Sehingga mereka akan terhindar dari perilaku yang negatif," harap Doni. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru