Petugas Damkar dan Pol PP Solsel Diberikan Pelatihan Teknis

PEMERINTAHAN-180 hit

PADANG ARO - Guna meningkatkan kemampuan teknis Tenaga Kontrak Daerah (TKD) Pemadam Kebakaran Solok Selatan, Dinas Pol PP dan Damkar Solsel gelar pelatihan teknis bagi 76 orang personilnya selama 2 hari.

Kegiatan dimulai Rabu dan Kamis (24-25 Februari 2021), yang dilakukan di halaman perkantoran dan di halaman kantor bupati Solok Selatan.

Kasat Pol PP dan Damkar Pemkab Solok Selatan H. Epli Rahmat, mengatakan bahwa salah tujuan dilakukannya pembekalan tersebut diantaranya adalah dalam rangka peningkatan jiwa korsa anggota dan tanggung jawab dalam bertugas

"Kita harus memahami bahwa tugas pemadam kebakaran dan penyelamatan merupakan tugas mulia yang diemban oleh setiap anggota damkar," ujar Epli Rahmat, Jumat (26/2).

Epli juga mengingatkan keluarga besar pemadam kebakaran untuk senantiasa kompak dan tetap bersemangat di dalam bekerja walau mungkin masih banyak keterbatasan.

"Sekali lagi, ini adalah tugas mulia bagi kita kita semua. Di tengah keterbatasan-keterbatasan yang kita miliki, tetaplah semangat, jaga kekompakan, dan terus tingkatkan kemampuan diri," himbaunya.

Saat ini tambahnya terdapat 5 unit mobil damkar, dimana 2 unit diantaranya merupakan mobil yg sudah sangat tua peninggalan dari Kab Solok. Sedangkan Posko Damkar terdapat di 3 kecamatan yakni di Kec Sangir Jujuan, Sangir, dan Kecamatan Sungai Pagu.

"Idealnya memang kita miliki 7 mobil, dimana 1 mobil bisa siaga di 1 kecamatan. Apalagi jarak geografis kita yang sulit dan berjauhan satu sama lain," terangnya.

Pembekalan menurutnya juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis anggota dalam melayani masyarakat serta memasyarakatkan teknik-teknik pemadaman api ringan di masyarakat.

"Pembekalan teknis damkar tersebut mendatangkan pelatih yang terdiri dari unsur TNI serta pelatih teknis dari Dinas Damkar Kota Padang, " demikian H. Epli Rahmat. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru