Wow! Dalam Sebulan Empat Gubernur Memerintah di Provinsi Sumatera Barat

PEMERINTAHAN-758 hit

PADANG - Sebuah catatan sejarah baru di bidang pemerintahan di Provinsi Sumatera Barat tertoreh. Hanya selama satu bulan di bulan Februari tahun 2021, empat gubernur memerintah di Rumah Bagonjong dengan waktu yang silih berganti dan sedikit mengagetkan banyak pihak.

Pertama tentu Irwan Prayitno (IP) dengan periode 12 februari 2016- 12 februari 2021. Usai tak jadi gubernur lagi, IP digantikan gubernur kedua Drs. Alwis yang ditunjuk sebagai PLH Gubernur dari 12 sampai 18 Februari 2021.

Menariknya, hanya berselang lima hari kerja, Hamdani, Staf Ahli Mendagri dilantik tanggal 19 Februari sampai 25 Februari jadi guberbur ketiga.

Selanjutnya, keempat gubernur terpilih Mahyeldi- Audy dilantik 25 Februari 2021 hingga 5 tahun mendatang.

Drs Alwis, Sekretaris Daerah Provinsi, ditunjuk Mendagri sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sumatera Barat melalui radiogram nomor:121/672/SJ tertanggal 10 Februari 2021.

Tidak cukup seminggu, Alwis sebagai PLH Gubernur, maka tanggal 18 Februari 2021 mendagri melantik Drs Hamdani sebagai Penjabat Gubernur Sumbar.

Penunjukan Hamdani berdasarkan radiogram nomor T.121/1037/OTDA terkait dengan akan dilantiknya Pj Gubernur Sumbar, Kepri, Jambi dan Bengkulu hari ini pukul 09.00 WIB di Kemendagri.

Pelantikan PJ tersebut pada hari Jumat dan sorenya Hamdani langsung terbang ke Padang.

Salah satu agenda utamanya adalah melantik Bupati dan Walikota yang telah dijadwalkan tanggal 26 Februari 2021.

Namun nasib Hamdani sama dengan Alwis. Belum cukup sepekan, hari ini Gubernur terpilih Mahyeldi dan Wakil gubernur Audy dilantik Presiden di Istana Negara.

Tentu saja secara otomatis jabatan Pj Handani berakhir dan pelantikan Bupati/Walikota bukanlah lagi oleh Pj Gubernur, melainkan oleh Gubernur definitif yang dilantik hari ini. Selamatlah. (MR)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru