Disdikpora Solsel Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar di Sungai Pagu

PENDIDIKAN-325 hit

Padang Aro - Dalam menuntas pembelajaran peserta didik tahun pelajaran 2021/2022, Guru diharapkan mampu mensinergikan antara tujuan pendidikan secara Nasional dengan visi dan misi kepala daerah terpilih. Artinya dalam peningkatan sumberdaya manusia (SDM), melalui dukungan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2021 dan selanjutnya, para guru diminta untuk dapat menyesuaikannya dengan apa yang menjadi tujuan kepala daerah terpilih, khususnya untuk peningkatan mutu pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Plt. Kadisdikpora Solsel Novrizon, S. Pd. M. Si. saat membuka pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Sungai Pagu di SDN 05 Ps.Muara Labuh, Jumat (19/2/2021) kemaren.

Turut hadir diacara itu, UPTW Disdikpora Sungai Pagu Nursirwanthi, S. Pd. M. Pd, Pengawas Pendidikan, Ahmad Khatib, Ketua Gugus III Sekolah Dasar (SD) Kecamatan Sungai Pagu, Desmaneni, M. Pd, serta nara sumber pelatihan dari Pengawas dan LPMP Padang.

Dikatakan Novrizon, melalui pelatihan ini, para guru akan punya komitmen untuk mendidik siswa dengan menguasai materi belajar yang dibutuhkan siswa.

Bahkan yang tidak kalah penting, guru harus bertanggungjawab, memantau hasil belajar siswa melalui pengamatan, prilaku serta melalui pelaksanaan ujian. Baik melalui ujian harian, ujian sementer dan meupun pelaksanaan ujian lainnya, " harap Novrizon.

Kepada guru juga diminta untuk dapat berpikir sistematis dan mau belajar dari pengalaman dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah.

Bahkan sebagai bagian dari masyarakat, guru juga harus mampu memperhatikan kearifan lokal, atau budaya daerah. Sehingga harapan untuk melahirkan peserta didik yang berkualitas akan dapat tercapai," katanya.

Melalui pelatihan ini, kedepan para guru dan tenaga kependidikan di Gugus III Kecamatan Sungai Pagu ini akan bisa mewujudkan penguatan mutu dan relevansi pendidikan yang berpusat pada perkembangan peserta didik.

Selain itu, guru juga diharapkan mampu mewujudkan pengembangan potensi peserta didik yang berkarakter dengan penguatan sistem tata kelola pendidikan dan kebudayaan yang partisipatif, transparan, dan akuntabel," demikian harapan Novrizon.

Sementara itu, Ketua Gugus III Ssekolah Dasar Kecamatan Sungai Pagu Desmaneni, M. Pd menjelaskan kegiatan ini adalah bagian dari program kerja gugus dalam meningkatkan keprofesionalan Guru dan Tenaga Kependidikan dilingkungan gugus.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan kali ini berjumlah sebanyak 70 orang peserta dari Gugus III ditambag 5 orang peserta dari Gugus lain di kecamatan ini, " tambah Desmaneni yang juga Kepala SD Negeri 5 Pasar Muara Labuh itu.

Adapun nara sumber untuk pelatihan ini berasal dari LPMP Padang dan Pengawas Sekolah di Solsel. Sedangkan pelaksanaan kegiatan ini, tetap mengacu pada protokol kesehatan (Prokes) , karena masih dalam kondisi pendemi covid-19, " demikian Desmaneni. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru