Jumat Berkah, Komunitas Relawan di Bukittinggi Salurkan Bantuan Makanan pada Pedagang dan ODGJ

PERISTIWA-993 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

BUKITTINGGI - Pandemi COVID-19 ternyata tak menyurutkan niat untuk saling membantu terutama bagi mereka yang terdampak dan membutuhkan bantuan terutama makanan dan sembako

Bukti nyatanya seperti Komunitas Relawan di Bukittinggi , yang menggelar aksi sosial bagi-bagi makanan pada pedagang dan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) pada hari Jumat (19/02/2021). Kegiatan ini diinisiasi oleh berbagai komunitas yakni Relawan Muda Bukittinggi, RECTA, Gerakan Peduli Umat, S3, Sampah Ranger (SR), dan IB Sumbar.

Sedikitnya setiap hari Jumat dan Minggu ada 70 makanan yang disiapkan anggota komunitas tersebut. Selain pedagang, ODGJ pun tidak luput dari bantuan nasi kotak sebagai bagian dari aksi sosial bertajuk 'Jumat Berkah'.

Baca Juga


Koordinator program 'Jumat Berkah' Aciak (42) mengatakan dirinya bersama beberapa komunitas lainnya sudah menggelar kegiatan berbagi setiap Jumat dan Minggu sejak Januari tahun 2021 lalu. Hingga kini, kegiatan sosial itu jadi rutinitas yang sayang jika dilewatkan oleh teman teman komunitas.

"Awalnya kita dari beberapa komunitas tidak langsung sukses dalam menjalankan kegiatan, ada saja rintangan baik dari pendapat masyarakat yang tidak suka, namun Alhamdulillah semakin kesini banyak dukungan yang datang baik moril maupun materil " ujar aciak.

Khusus dari kegaiatan ini, Hal itu dinilai bisa meringankan beban pedagang dan petugas kebersihan terutama kebutuhan makan siang. Selain itu para komunitas juga menargetkan pendekatan sosial kepada para ODGJ yang ada di Bukittinggi, sehingga diharapkan bisa menumbuhkan jiwa sosial mereka kembali.

Dana santunan yang dipakai untuk aksi bagi-bagi makanan dan sembako itu berasal dari patungan antar relawan hingga titipan masyarakat lain. Dirinya tak menolak jika ada pihak lain yang ingin berpartisipasi.

"Banyak juga masyarakat yang bingung untuk menyalurkan dana sumbangan maka dititip ke kita. Kita bantu salurkan dan Insya Allah amanah. Sasaran kita ditetapkan dengan survey kebeberapa lokasi selain itu kita juga sering menerima kabar dari masyarakat, setelah itu baru kita salurkan.," katanya.

Dia berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat Apalagi kondisi saat ini banyak memunculkan orang-orang yang kehilangan mata pencaharian. (Rel/MR)

Jurnalis warga: Yogi Handika

Loading...

Komentar

Berita Terbaru