Hj. Nurnisma jadi Ketua DPRD Kota Solok Pengganti Yutris Can

POLITIK-775 hit

Kota Solok - Teka-teki siapa yang akan menjadi Ketua DPRD Kota Solok sisa masa jabatan 2021-2024 akhirnya terjawab. Partai Golkar sebagai pemenang Pileg 2019 di Kota Solok, akhirnya menunjuk Hj. Nurnisma sebagai Ketua DPRD Kota Solok sebagai pengganti Yutris Can yang maju pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu.

Hal itu tertuang dalam Surat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Nomor B-519/GOLKAR/I/2021 yang ditandatangani Ketua Umum Airlangga Hartarto dan Sekjen Lodewijk F. Paulus tanggal 28 Februari 2021. Surat DPP ini kemudian diteruskan dengan instruksi oleh DPD Partai Golkar Sumbar Nomor 029/5/GKSB/II/2021 tanggal 3 Februari 2021.

Rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Solok yang digelar Kamis (22/10/2021) lalu, akhirnya menetapkan jadwal pelantikan Hj. Nurnisma, SH sebagai Ketua DPRD Kota Solok sisa masa jabatan 2021-2024. Rapat Bamus yang dipimpin oleh Bayu Kharisma tersebut salah satunya mengagendakan pelantikan Ketua DPRD Kota Solok defenitif yang akan digelar pada Senin (15/2) di Ruang Rapat Paripura DPRD Kota Solok.

Sekretaris DPRD Kota Solok Zulfahmi, SH mengatakan, Badan Musyawarah (Bamus) telah mejadwalkan pelantikan Ketua DPRD Kota Solok pada hari senin tanggal 15 Februari 2021.

"Karena sudah ada Surat Keputusannya (SK) pelantikan unsur pimpinan tersebut dan kita harus segera mengagendakannya dalam rapat Badan Musyawarah. Tindak lanjut dari itu, pihaknya mengaku kini tengah melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya, menyiapkan undangan dan melakukan koordinasi awal dengan Ketua Pengadilan Negeri Kota Solok untuk memandu pengambilan sumpah dan janji," ungkap Zulfahmi.

Hj. Nurnisma merupakan Bendahara DPD Partai Golkar Kota Solok. Dengan posisi tersebut, Nurnisma merupakan orang yang paling "berhak" menjadi Ketua DPRD Kota Solok. Nurnisma merupakan KSB (Ketua, Sekretaris, Bendahara), artinya jika Ketua (Yutris Can) dan Sekretaris (Fauzi Rusli, SE, MM) tidak di DPRD, maka Bendahara yang paling berhak. Apalagi, Nurnisma berasal dari Dapil Lubuk Sikarah, dimana sejak Pileg secara langsung, Partai Golkar selalu menang di Dapil tersebut.

Sebelumnya, tiga nama diproyeksi menjadi Ketua DPRD Kota Solok 2020-2024. Sebagai partai yang "sangat dewasa", Partai Golkar memiliki sistem yang sudah terbangun sangat baik. Di antaranya berdasar pengalaman, jabatan di partai, hingga proyeksi ke depan. Ketiga kandidat itu adalah Nasril In, Nurnisma dan Andi Marianto. (Siska)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru