2.040 Dosis Vaksin Covid-19 Sampai di Solok Selatan

KESEHATAN-366 hit

PADANG ARO - Kuota vaksin covid-19 Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, sebabnya k 2.040 dosis dari Provinsi sudah sampai di daerah itu, dan langsung disimpan digudang farmasi Dinas Kesehatan setempat pada suhu 2-8 derajat celisius

"Sebanyak 2.040 dosis vaksin COVID-19 untuk dua kali pemberian dan sesuai kesepakatan besok akan dilakukan pencanangan dan penyuntikan perdana," kata Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan H. Novirman didampingi Kepala Seksi survailance dan Imunisasi Mega Verta Christina, usai menerima vaksin dari tim yang menjemput ke Padang, Rabu (3/2/2021).

Dia menjelaskan, sesuai dengan perhitungan statistik data awal 1.197 sasaran kemudian berubah menjadi 986 sedangkan jumlah vaksin yang diberikan 1.020 dosis untuk sekali pemberian.

Baca Juga


Untuk sasaran pemberian katanya, 1.004 orang sedangkan yang diberikan 1.020 dosis sehingga ada cadangan 16 dosis baik pemberian pertama atau kedua.

"Jadi sudah ada antisipasi dengan adanya cadangan 16 dosis kalau ada yang pecah," ujarnya.

Untuk pencanangan katanya, dilakukan Kamis dan langsung penyuntikan kepada pejabat publik seperti Pelaksana tugas Bupati, Kapolres, Kajari dan beberapa kepala OPD.

Penyuntikan perdana katanya dilakukan oleh dokter spesialis penyakit dalam dan dilanjutkan oleh dokter dan tenaga kesehatan yang telah mendapat sertifikat pelatihan.

"Seluruh tenaga vaksinator beserta screning dan lainnya sebanyak 141 orang dengan 11 fasilitas kesehatan," katanya.

Vaksin COVID-19 dijemput oleh Pemkab Solok Selatan dan dibawa menggunakan mobil operasional Dinkes Solok Selatan dengan pengawalan dari empat polisi serta delapan brimob bersenjata lengkap.

Sebelumnya Kasat Lantas Polres Solok Selatan AKP Dwie Yulianto mengatakan polisi memberikan pengawalan saat penjemputan vaksin COVID-19 ke provinsi hingga pendistribusian ke fasilitas kesehatan.

"Untuk menyukseskan vaksinasi COVID-19, kami akan memberikan pengawalan saat penjemputan dan pendistribusian ke fasilitas kesehataan serta menempatkan petugas untuk menjaga gudang penyimpanan," katanya.

Dia mengatakan, ada dua unit kendaraan untuk memberikan pengawalan terhadap mobil yang membawa vaksin baik dari provinsi maupun saat pendistribusian.

Selain itu, polisi juga akan memberikan pengamanan saat penyuntikan vaksin kepada Forkopimda maupun tenaga kesehatan. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru