Sayurmayur.id Aplikasi Belanja Sembako Online, Karya Anak Muda Padang Panjang

TEKNO-274 hit

SEBUAH aplikasi berbelanja kebutuhan pokok menginspirasi Aldianto, ketika dirinya berada di Kota Medan. Platform itu memberikan kemudahan untuk membeli sembako secara online, membantu "Mak Tuo"-nya yang tak perlu lagi langsung ke pasar.

Lamunan alumni SMKN 2 tahun 2013 itu pun melayang. Kemampuannya merancang aplikasi lantaran statusnya sebagai mahasiswa lulusan Teknik Informatika, membuat dirinya berhasrat menciptakan hal serupa untuk Kota Padang Panjang.

Singkat cerita, sepulang dari Medan tahun 2019, Aldi mulai merancang aplikasi tersebut. Mengajak tiga teman sesama alumni SMKN 2 Arif Hendri, Sauqi Murtodo, dan Fajri Al Gibran Putra yang kebetulan beredekatan rumah. Kerja keras selama satu bulan, akhirnya melahirkan aplikasi yang diberi nama Sayurmayur.id.

Masyarakat Kota Padang Panjang mulai diperkenalkan cara berbelanja sembako secara daring. Kendati begitu, perjalanan di awal tidak begitu mulus. Sejumlah kekurangan ditemukan. Manajemen juga kurang terkelola dengan baik. Hanya bertahan selama enam bulan, Sayurmayur.id terpaksa berhenti beroperasi.

Sementara, Aldi, pencetus ide Sayurmayur.id memutuskan keluar dan menyerahkan semuanya kepada ketiga temannya. "Kebetulan waktu itu Aldi dapat panggilan kerja. Jadi semuannya diserahkan kepada kami bertiga," kata Arif kepada Kominfo.

Arif, Sauqi dan Fajri yang masih yakin, terus memperbaiki kekurangan di aplikasi tersebut, sembari mempelajari manajerial agar Sayurmayur.id bisa lebih baik. Sekitar Mei tahun 2020, aplikasi itu kembali diluncurkan. Mereka melihat peluang saat pandemi Covid-19 melanda.

"Alhamdulillah, aplikasi ini bisa digunakan kembali dan diminati khususnya bagi ibu-ibu di Kota Padang Panjang dan Batipuah, X Koto. Harga sembako yang tertera sama dengan harga di pasar. Pembayaran cash on delivery, bisa juga transfer," jelas Arif.

Arif mencatat sudah lebih dari seribu transaksi. Dengan slogan "Bunda Pesan, Kami Antar", Sayurmayur.id bisa didownload di PlayStore. Platform itu pun mendapat sokongan langsung oleh Walikota H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano.

Tiga anak muda itu, bertekad akan terus mengembangkannya dan berharap dapat membuka lapangan pekerjaan. "Kami berharap dapat merangkul teman-teman yang belum bekerja. Semoga Sayurmayur.id dapat diterapkan di daerah-daerah lain," harapnya. (Lex/HARRIS SUYATA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru