3 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Drone

TEKNO-251 hit

PADANG - Drone memang kini semakin populer saja. Jika Anda tertarik untuk membeli drone untuk pertama kalinya, saat ini tentu caranya sangat mudah dengan semakin banyaknya toko online. Tetapi, Anda tentu tidak ingin asal beli saja. Anda dapat melihat artikel dari BestSpy untuk mendapatakan rekomendasi drone terbaik dan Anda harus yakin bahwa drone yang Anda beli adalah drone yang tepat untuk Anda gunakan. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli drone. Inilah 3 hal yang perlu Anda ketahui sebelum Anda memilih drone untuk dibeli.

1. Kenali jenis drone sesuai dengan kebutuhan Anda

Sebelum membeli drone, Anda perlu mengetahui beberapa jenis drone. Setidaknya ada empat jenis drone yang dapat Anda pilih, yang masing-masing memiliki fitur dan tingkat kesulitan yang berbeda untuk mengoperasikannya. Sebelum menentukan jenis drone apa yang akan Anda pilih, tentukan dulu apa tujuan Anda membeli drone. Apakah untuk membuat video, untuk balapan drone, dan sebagainya. Jenis-jenis drone diantaranya:

- RTF (ready to fly)

Jenis ini cocok bagi pemula, karena sesuai namanya, Anda tidak perlu merangkai komponen drone yang rumit, tinggal recharge baterai dan Anda sudah dapat menerbangkan drone. Tetapi, RTF tidak tepat jika Anda ingin memodifikasi drone Anda untuk fungsi tertentu.

- BNF (bind and fly)

Paket drone BNF tidak memiliki transmitter . Jadi Anda perlu memasang transmitter sendiri yang Anda beli terpisah, atau menggunakan transmitter yang sudah Anda miliki sebelumnya.

- PNP (plug and play)

Untuk menggunakan drone jenis ini tidak sesimpel namanya. Anda perlu membeli transmitter dan receiver lalu memasangnya sendiri sebelum digunakan.

- ARF (almost ready to fly)

Jika Anda ingin memiliki drone yang Anda modifikasi sendiri, pilihlah drone ARF. Drone jenis ini hanya berupa kit pesawat saja. Jadi Anda harus membeli semua komponen elektronika drone sendiri.

2. Perhatikan fitur utama yang dimiliki drone

Setelah memastikan jenis drone yang tepat untuk Anda, perhatikan juga beberapa fitur utama yang dimiliki drone, yaitu:

- Bahan pembuat drone

Drone dengan kualitas yang baik umumnya terbuat dari fiberglass atau serat karbon. Tetapi tentu saja drone dengan bahan ini harganya lebih mahal. Jika budget Anda terbatas, Anda dapat memilih drone dari bahan plastik atau ABS.

- Jangkauan terbang

Perhatikan berapa meter jangkauan terbang drone yang akan Anda beli. Hal ini penting khususnya jika Anda memerlukan drone untuk mengambil gambar atau video dari tempat yang ekstrim. Anda perlu mempertimbangkan jaraknya juga. Drone dengan harga yang cukup murah biasanya dapat terbang hingga 30 meter dari transmitter. Semakin jauh jangkauan terbang drone, maka akan semakin tinggi juga harganya.

- Waktu terbang

Sebelum membeli, perhatikan juga berapa kapasitas baterai atau waktu terbang yang dimiliki drone. Drone dapat memiliki waktu terbang 5 hingga 30 menit.

3. Perhatikan teknologi yang dimiliki drone

Selain fitur utama, Anda juga perlu memperhatikan fitur teknologi yang dimiliki drone sebagai pertimbangan sebelum membeli. Teknologi yang dapat dimiliki drone umumnya adalah:

- Kualitas kamera

Kamera merupakan salah satu fungsi utama drone. Jadi Anda perlu memperhatikan bagaimana kualitas kamera yang dimiliki drone sebelum membeli. Perhatikan spesifikasi kameranya dan fitur apa saja yang dimiliki kamera drone. Pastikan fiturnya sesuai dengan yang Anda perlukan.

- Live feed

Untuk memudahkan Anda mengendalikan drone dan mengambil gambar yang diinginkan, pilihlah drone yang memiliki fitur live feed, baik dengan monitor LCD pada transmitter atau yang dapat tersambung dengan ponsel.

- Navigasi GPS

GPS pada drone dapat memiliki banyak manfaat. Dengan program navigasi GPS yang tertanam pada drone, Anda dapat memprogram lokasi yang ingin Anda tuju, kemudian drone dapat langsung menuju lokasi tersebut.

Adanya fungsi GPS pada drone juga memudahkan Anda untuk mengetahui lokasi drone, terutama saat terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya jika drone Anda hilang atau menabrak sesuatu hingga rusak saat diterbangkan.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, tentu Anda akan semakin mudah dalam memilih drone yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal lain yang penting untuk dipertimbangkan adalah budget Anda. Sesuaikan drone yang Anda beli dengan budget yang Anda miliki, namun juga dapat memberikan manfaat yang sesuai dengan yang diharapkan. (***)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru