12 Kegiatan Tanah Hitam Padang Panjang 2021 Dibahas di Cafe

PEMERINTAHAN-152 hit

PADANG PANJANG - Musrenbang Kelurahan Tanah Hitam, Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB) berlangsung dalam suasana berbeda. Dilaksanakan di Kereta Cafe, Kampung Jambak, Selasa (19/1).

Suasana kafe membuat Musrenbang yang dibuka Camat PPB, Fhandy Ramadhona, S.STP, MM berlangung cair. Peserta Musrenbang terlihat saling berbagi pendapat, mencari yang terbaik merumuskan 12 usulan menjadi 9 prioritas sebagai kelurahan tipe II.

Lurah Tanah Hitam, Arosa Apriani, S.IP mengatakan, di antara usulan yang didiskusikan itu berupa penambahan tiang lampu, pengadaan cermin cembung, pemasangan speed bump. Sementara, di bidang sosial budaya yaitu pelatihan teater dan pasambahan. Di bidang ekonomi pelatihan tanaman hias dan tanaman buah dalam pot.

Fhandy Ramadhona menyampaikan, meski ada sejumlah perubahan sistem, Musrenbang tidak terlepas dari pemberdayaan masyarakat dan pembenahan sarana prasarana.

Dikatakan Fhandy, usulan tahun sekarang merupakan usulan yang tidak terakomodir pada tahun sebelumnya. "Dalam artian yang tidak tercapai tahun lalu, bisa diusulkan kembali tahun ini, serta ada hal yang penting dapat dipertimbangkan," ungkapnya.

Musrenbang Gumala

Sementara itu, Perwakilan masyarakat dari berbagai stakeholder mengusulkan 15 kegiatan yang terdiri dari 12 usulan dan 3 cadangan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Guguk Malintang (Gumala), Rabu, (20/1).

Usulan tersebut, kata Lurah Gumala, Eviar, SE di antaranya, peningkatan jalan setapak, normalisasi dan penutupan riol, pembuatan plat deker, pendaman saluran irigasi dan perbaikan drainase pemukiman. "Gumala diklasifikasikan sebagai kelurahan tipe I," jelasnya.

Musrenbang dibuka Camat PPT, Doni Rahman, S.Pd.I Datuak Simarajo dihadiri perwakilan OPD terkait, jajaran RT, LPM, FKPM, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan tokoh masyarakat yang dipandu fasilitator kelurahan.

Doni Rahman menyampaikan, yang telah diputuskan secara bersama-sama dalam Musrenbang, menjadi yang paling urgen dan fundamental.

Doni mengapresiasi Gumala yang telah mengerucutkan 90 usulan menjadi 12 usulan beserta 3 cadangannya. "semoga ini menjadi amal ibadah untuk kita bersama," katanya. (harris/lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru