Terima Bantuan Modal Usaha, Keripik Talas Ria Semakin Berjaya

EKONOMI-232 hit

PADANG PANJANG - Pemenrintah kota Padang Panjang melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperdakop UKM) beberapa waktu lalu telah menyalurkan program Bantuan Modal Usaha sebesar Rp 2 juta untuk membantu para pelaku UMKM mengembangkan bisnisnya kembali di era pandemi.

Bantuan tersebut sudah dirasakan manfaatnya para pelaku UMKM. Salah satunya pemilik usaha keripik talas rumahan, Ria Anita (36). Warga RT 3, Koto Panjang, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) itu mengaku, dengan adanya bantuan modal tersebut, sangat membantunya mengembangkan dan meneruskan usaha yang telah digelutinya selama kurun waktu 10 tahun itu.

"Sebelum menerima bantuan modal, usaha saya disurvei dulu oleh tim Disperdakop UKM. Setelah itu, dilakukan verifikasi. Ternyata saya terpilih menjadi salah satu penerima bantuan modal dari pemko sebesar Rp 2 juta," terang Ria saat ditemui Kominfo di rumahnya, Senin (18/1).

Tanpa pikir panjang, bantuan modal usaha yang diterima ibu dua orang anak ini, langsung dipergunakannya untuk belanja peralatan dan bahan baku.

"Waktu itu, kompor khusus yang saya pergunakan untuk memasak kerupuk talas ini cuma satu. Alhamdulillah, sekarang sudah dua. Selain kompor, bantuan ini juga saya pergunakan sebagai tambahan untuk membeli bahan baku," ceritanya.

Dengan adanya peralatan baru ini, Ria mengaku mengalami peningkatan usaha. Mulai dari hasil produksi, hingga permintaan pasar.

"Biasanya dulu, sehari saya hanya mampu memproduksi 15-25 kg keripik talas. Itupun waktu pengerjaannya bisa dari pagi hingga sore. Nah, kini saya sudah bisa menghasilkan 30 kg keripik talas dalam waktu setengah hari," ungkapnya.

Ria membandrol harga keripik talasnya mulai dari Rp 500 per plastik kecil, hingga Rp 40 ribu/kg. Itu semua tergantung dari permintaan konsumen.

"Biasanya keripik talas ini saya taruh di pasar serta warung-warung, seperti kedai ketupat dalam bentuk eceran Rp 500-Rp 1.000. Selain dipasarkan di dalam daerah, keripik ini juga sudah pernah saya jual ke Lampung dan Jakarta," jelasnya.

Menurut Ria, bantuan modal yang diterimanya beberapa waktu lalu itu laksana oase di padang pasir. Dia pun berharap, keadaan ke depan bisa semakin membaik dan kembali normal seperti biasa.

Bagi masyarakat yang penasaran untuk mencicipi rasa khas keripik talas Ria, bisa langsung datang ke rumah produksi di Jalan Pelita Dalam, Koto Panjang. Atau yang ingin memesan online, bisa hubungi nomor di 085356950396 yang terhubung dengan WhatsApp. (Lex/Rel)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru