Begini Pola Belajar Tatap Muka di MIN 2 Solsel Saat Pandemi Covid-19

PENDIDIKAN-450 hit

Padang Aro - Akititas pembelajaran tatap muka di Madrasyah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Solsel di Banda Gadang Nagari Sako Utara Pasia Talang telah dilaksanakan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Tidak itu saja, seluruh majelis guru dilingkungan Kementerian agama Solsel tersebut juga sudah melakukan tes swab, sebagai salah satu persyaratan untuk bisa dilakukannya kegiatan PBM tatap muka dimasa pendemi covid-19 ini," jelas Kepala MIN 2 Solsel, Dra. Elfiliza, MM, didampingi Ilhami Nuri, S. Pdi, Sabtu (16/1/2021)

Meski demikian, beberapa pembatasan juga dilakukan, mulai dari batas lama belajar di sekolah hingga pembatasan kegiatan ekstrakurikuler pendukung kreatifitas siswa yang selama ini menjadi unggulan, " tambah Efi didampingi majelis guru lainnya.

Sebagai sekolah yang berada dibawah naungan Kemenag RI, sudah pasti memiliki beberapa program unggulan bidang agama, diantaranya program Tahfizd, program manasik haji.

Selain itu juga ada program unggulan yang disesuaikan dengan minat dan bakat siswa, diantaranya bidang catur, dibawah binaan Yendra. S. Pdi," tambahnya.

Untuk program tahfizd, bagi kelas 1 dan 2, biasanya dilaksanakan sebelum masuknya kegiatan PBM (pagi-pagi-red). Sedangkan untuk kelas 3 hingga kelas 6 dilaksanakan menjelang pulang sekolah. Pelaksana program ini jadi tanggungjawab majelis guru, dengan pelaksanaan 1 guru untuk lima orang siswa, " jelas Efi.

Program unggulan lain manasik haji dilaksanakan praktiknya satu kali setahun. Namun sebelumnya dilakukan pemberian pemahaman tentang berbagai tata cara pelaksanaan, pakaian dan bacaan saat manasik haji itu oleh masing-masing majelis guru, " tambahnya.

Tercatat juga beberapa prestasi dan kegiatan yang sudah di ikuti MIN 2 Solsel ini, antara lain juara pertama lomba mengarang tingkat Kabupaten dalam rangka Festifal Saribu Rumah Gadang.

Bahkan baru-baru ini, guru di madrasah ini (Riska Pina Yunita, S. Pd) berhasil meraih juara 2, lomba vidio pembelajaran jarak jauh, dan juara 1 Tenis Meja putri atas nama Elfiliza (Kepsek) dalam rangka HAB ke-75 Kemenag RI, kemaren, " tambah Elfiliza.

Selain itu, madrasah ini juga memiliki group drumband, dibawah binaan Nurhamida, yang sudah sering dalam berbagai kegiatan di tingkatan Kecamatan Sungai Pagu, salah satunya saat acara didikan subuh, pungkas Elfiliza. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru