446 Nakes RSUD Padang Panjang akan Divaksinasi

KESEHATAN-814 hit

Penulis: nana/lex | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG PANJANG - Sebanyak 446 tenaga kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang akan diprioritaskan untuk divaksinasi terlebih dahulu. Sebagai persiapannya, 10 dokter dan perawat bakal mengikuti pelatihan pemberian vaksin Covid-19 pada 18 Januari mendatang.

"Yang mengikuti pelatihan itu, yang nantinya akan menyuntikkan vaksin kepada nakes dan masyarakat Kota Padang Panjang. Dengan jumah nakes sebanyak 446 orang, vaksinasi dilakuka bertahap," sebut Direktur RSUD Padang Panjang, dr. Ardoni, Jumat (15/1/2021).

Pelaksanaan vaksinasi, jelas Ardoni, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 84 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Ardoni mengimbau agar masyarakat tidak takut untuk divaksin. Karena vaksin adalah bagian upaya mengantisipasi panjangnya masa pandemi.

"Sama dengan imunisasi, dimasukkannya vaksin ke dalam tubuh, agar tubuh kenal dengan virus tersebut. Ketika Covid-19 menyebar lewat droplet, tubuh bisa melawan. Seandainya virus tetap masuk, maka gejala yang dirasakan akan ringan," jelasnya.

Diterangkannya, upaya vaksinasi adalah membentuk kekebalan tubuh, virus yang sudah dilemahkan disuntikkan itulah yang disebut vaksin. "Oleh karena itu, masyarakat jangan takut dengan adanya vaksinasi, dan tetap menjaga 3M (menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker) untuk menghentikan pandemi ini," pungkasnya. (nana/lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru