SIRUP Belum Satupun Disiapkan OPD Pemkab. Solsel, Proses Tender Bisa Terganggu

PEMERINTAHAN-297 hit

Padang Aro - Hingga saat ini belum satupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab. Solsel menyerahkan berkas dokumen untuk tender pengadaan barang dan jasa kegiatan Tahun Anggaran 2021.

Kepala Bagian (Kabag) Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), Admi Zulkhairi, Rabu (13/1/2021), menyebutkan, jangankan dokumen tender yang diserahkan untuk dilelang oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) saja belum satupun OPD yang melakukan pengumuman.

" Seharus masing-masing OPD sudah jauh hari mengumumkan SIRUP, sebelum dokumen lelang ini, setidaknya Desember tahun lalu sudah di umumkan, "tambahnya.

Baca Juga


Bahkan sesuai aturan, setelah dilakukannya nota kesepakatan APBD Tahun 2021 antara Bupati Solsel dan DPRD pada akhir tahun 2020 lalu, SIRUP ini sudah bisa di umumkan oleh masing-masing OPD," tambah Admi.

Masih menurut Admi Zulkhairi, salah satu keterbukaan publik terkait pembangunan maka sebelum dokumen terder di serahkan ke PBJ, masing-masing OPD sudah harus mengumumkan SIRUP tersebut, " ungkapnya.

Semua itu menurut Admi Zulkhairi sesuai dengan tuntutan Perpres Nomor 16 Tahun 2018. Dimana pertimbanngan adanya Perpres itu dikarenakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian nasional dan daerah.

Ditambahkan Admi, terkait masih belum satupun OPD di Pemkab. Solsel yang menyerahkan dokumen lelang ke PBJ, pihaknya sudah tiga kali megeluarkan surat peringatan atau Surat Edaran pimpinan kepada Kepala OPD/Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) OPD, PPTK OPD dan Pelaksana Kegiatan dilingkungan Pemkab. Solsel.

Bahkan hari (Rabu-red) kembali akan di kirimkan Surat Edaran Sekdakab. Solsel nomor 600/7/BPBJ/2021 tertanggal 13 Januari 2021 yang ditanda tangani Pj. Sekdakab. Solsel, Doni Rahmat Samulo, " jelas Admi.

Maka, diharapkan kepada semua OPD dilingkungan Pemkab. Solsel untuk segera melakukan tahapan untuk pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, dan diharapkan paling lambat, akhir Maret ini, " pungkas Admi. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru