Koperasi Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Solsel Catat Laba Lumayan

PEMERINTAHAN-201 hit

Padang Aro - Dari tahun ke tahun perkembangan modal dari Koperasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Solsel terus menunjukan grafik meningkat.

Bahkan saat pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2020 yang dilaksanakan di aula Sarantau Sasurambi, Selasa (12/1/2021 tercatat ada peningkatan modal dari tahun 2019 lalu sebesar Rp. 335 Juta atau sebesar 16,21 % pada tahun 2020.

Kegiatan RAT tahun buku 2020 tersebut, dibuka secara resmi, Plt. Bupati Solsel yang diwakili Pj. Sekdakab. Solsel, Doni Rahmat Samulo, dihadiri Asisten I. Sekdakab. Solsel. Fidel Efendi, Kadis Koperindag dan UKM Solsel, Budiman, Ketua Koperasi DWP Kab. Solsel, ny. Esi Erwin Ali beserta seluruh pengurus dan anggota koperasi.

Baca Juga


Ketua Koperasi DWP Kabupaten Solsel, Esy Cendrawati (Ny. Esy Erwin Ali) dikesempatan itu mengucapkan apresiasi pada seluruh anggota yang telah berkontribusi untuk kemajuan koperasi.

Sehingga setiap dilakukan RAT setial tahun selalu memperlihatkan peningakatan dalam banyak hal. Mulai dari peningkatan modal simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan wajib khusus, simpanan SHU anggota, donasi dana cadangan dan cadangan dana resiko. Sehingga mampu meraih peringkat tiga pelaksanaan RAT tercepat di Solsel, " kata Esi.

Bahkan, santunan sosial pada tahun buku 2020 juga terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2020 berjumlah Rp. 46 juta sedang pada tahun 2019 sebesar Rp. 45 Juta.

Sehingga pada tahun buku 2020 koperasi mampu menyalurkan santunan sosial kepada 98 orang anggota dengan berbagai alasan, dengan total dana yang disalurkan sebesar Rp. 22 juta.

Sementara itu, Pj. Sekdakab. Solsel Doni Rahmat Samulo dikesempatan itu meminta pengurus Koperasi bisa bekerja sama tangan dengan pihak Kominfo untuk melahirkan aplikasi toko daring yang bisa dilakukan cukup pakai Hp saja.

"Saya minta kepada pengurus Koperasi DWP untuk bergandengan tangan dengan Kominfo, dan melahirkan aplikasi toko daring yang bisa di lakukan melalui hp." ujarnya.

" Koperasi DWP ini memiliki Aset yang mencapai 3,5 Milyar dari aset-aset Pemerintah Daerah(Pemda)." pungkas Doni Rahmat Samulo yang membacakan sambutan mewakili Plt. Bupati.

Sedangkan Kadis Koperindag, Budiman dikesempatan itu mengajak pengurus koperasi untuk mempersiapkan diri menuju koperasi syahriah.

Selanjutnya, ia juga mengatakan akibat dari pandemi covid 19 terjadi nya penurunan berbagai usaha koperasi, " jelas Budiman.

Sementara, Bendahara Koperasi DWP, Ny. Des Martin Edi menjelaskan, hasil RAT DWP tahun buku 2020 dari laporan pertanggungjawaban pengurus berhasil mencatat Sisa Hasil Usaha sebesar Rp. 305.535.520.

Jika dibanding dengan SHU tahun buku 2019 sejumlah Rp. 252.161.481, terjadi peningkatan Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar Rp. 53.374.039 atau 21,17 %, " terang Ny. Des Martin Edi.

Masih menurut Ny. Des Martin Edi, koperasi DWP yang beranggota sebanyak 383 per 31 Desember 2020, pada RAT tahun ini mengusung tema " Kita Tingkatkan Konsolidasi Antar Anggota Menuju Koperasi DWP Yang Maju dan Sejahtera " telah sukses menyelenggarakan RAT tahun buku 2020.

Kesuksesan ini juga ditandai dengan pemberian santunan dan bantuan dana sosial kepada para siswa dari Tingkat SD sampai SMA untuk 24 orang siswa sebesar 275.000.00 per orang, " jelas Ny. Des.

Bahkan pada RAT tahun buku 2020 ini juga sudah menetqpkan rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi tahun 2021, " demikian Ny. Des Martin. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru