Banjir Solok: Puluhan Hektar Ladang di Danau Kembar Rusak Tersapu Air Bah

PERISTIWA-1554 hit

SOLOK - Puluhan Hektar Ladang warga Kampung Batu Kec. Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumbar rusak tersapu banjir Selasa Dini hari (12/01/2021).

Danil, salah seorang warga Kampung Batu menjelaskan air ini menghantam ladang warga sejak dini hari yang mengakibatkan puluhan hentar ladang warga rusak berat dan tidak bisa di selamatkan lagi.

Danil menyebutlan diperkirakan masyarakat mengalami kerugian ratusan juta karena ada bawang yang tinggal menunggu hari untuk di panen. Pemilik ladang ada yang berupaya menyelamatkan tanaman mereka yang bisa diselamatkan jelas Danil.

Baca Juga


Warga Mengungsi

Sementara itu, Batang Lembang yang mulai meluap di Rawang Sari jorong Gelanggang Tangah nagari Salayo kec. Kubung Kab. Solok, membuat warga mengungsi.

Untuk itu, BPBD Kabupaten Solok juga mulai bergerak dari posko di Koto Baru mendatangi lokasi yang terkena banjir, diantaranya jorong Gelanggang Tangah nagari Salayo, jorong Simpang, jorong Lubuk Agung dan jorong Kajai nagari Koto Baru serta beberapa jorong di nagari Muaro Paneh kecamatan Bukit Sundi.

"Warga khawatir air terus bertambah, makanya mulai mengungsi ke tempat yang lebih tinggi," ujar Mora Rajo Kando, kepala jorong Gelanggang Tangah sebagaimana ditulis SuhaNews.

Sementara itu, air yang memasuki rumah warga di lingkungan Patapang jorong Lubuk Agung nagari Koto Baru. Air ini merupakan luapan dari batang Sumani.

Selain di Patapang hingga Lubuk Agung, air Batang Sumani juga mulai meluap di Sawah Tapi hingga seberang Polsek Kubung di Selayo.

Di daerah Pabatungan Jorong Kajai nagari Koto Baru, air juga meluap yang berasal dari Batang Cupak.

Armada bantuan milik BPBD Kabupaten Solok juga bergerak mendatangi lokasi bencana dengan menyiapkan perahu karet untuk mengungsikan warga. (Fen)

Sumber: Suhanews.co.id

Loading...

Komentar

Berita Terbaru