BREAKING NEWS: Polsek Kubung Terendam Air 1 Meter, Kabupaten dan Kota Solok Diterjang Banjir

PERISTIWA-1882 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

KOTO BARU - Hujan deras sejak Senin sore (11/1/2021) membuat sejumlah sungai meluap di Kabupaten Solok. Salah satunya Batang Lembang yang menumpahkan luapan airnya hingga mengenangi nagari Koto Baru dan Salayo hingga kota Solok, Selasa (12/1) salah satunya Kantor Polsek Kubung di Salayo.

Hujan yang turun di sebagian besar wilayah hulu sungai Batang Lembang dan Batang Sumani membuat debit air kedua sungai ini meningkat drastis.

Akibatnya beberapa kawasan di nagari Koto Baru dan nagari Salayo hingga Kota Solok terendam banjir sejak pukul 01.00 WIB dini hari tadi hingga saat ini.

Baca Juga


Dilansir dari SuhaNews, kantor Polsek Kubung terendam air hingga ketinggian satu meter. Begitu juga dengan daerah sekitarnya. Untuk nagari Koto Baru, daerah yang terkena banjir adalah jorong Simpang dikawasan lapangan Tarandam, kawasan Patapang dan Sawah Tapi di jorong Lubung Agung dan kawasan Pebatungan di jorong Kajai serta Muaro dan Kayu Samuk di jorong Simpang.

Sedangkan di Nagari Salayo, jorong Galanggang Tangah merupakan kawasan paling banyak terkena banjir kali ini. Diantaranya Kawasan kapalo Koto mulai dari Kantor Camat Kubung hingga Badenah yang merupakan pertemuan antara Batang Lembang dan Batanag Sumani.

Selain itu di daerah Labong hingga Rawang Sari serta Bawah jao termasuk kawasan yang cukup tinggi juga genangan airnya. Sejak air mulai naik, warga di kawasan tersebut telah bersiapdengan menyelamtakan barang-barang dirumah mereka dan sebagian juga mengungsi ke tempat yang lebih tinggibterutama anak-anak dan lansia

Hingga berita ini diturunkan, kondisi air Batang Sumani maupun Batang Lembang masih cukup tinggi dan belum tampak tanda-tanda surut.

Warga yang tinggal disepanjang aliran sungai ini juga masih tampak siaga. Selain itu beberapa relawan bersama BPBD Kab. Solok juga tampak siaga untuk memberikan bantuan dengan menyiapkan perahu karet.

Banjir ini juga menganggu arus lalu lintas disekitar Salayo hingga kota Solok. Polsek Kubung mengalihkan kendaraan yang hendak menuju kota Solok ke melewati Subarang Koto Baru. (Fen)

Sumber: Suhanews.co.id

Loading...

Komentar

Berita Terbaru