Ingin Sayur Segar, Ada Outlet Sayur di STA GMB Padang Panjang

EKONOMI-1303 hit

Penulis: rifki/lex | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG PANJANG - Pasca diresmikan pada 15 Oktober 2020 lalu, Sub Terminal Agribisnis Ganting Maju Bersama (STA GMB) terus dilakukan pengembangan. Hari ini di STA ini, dibuka outlet khusus eceran untuk penjualan langsung ke warga dengan tampilan menarik layaknya mini market.

Sayuran segar hasil produksi petani Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur dan sekitarnya itu, dipajang di rak-rak khusus outlet yang diberi nama Outlet Sayur STA GMB ini. Hampir semua jenis sayuran, ada di sini. Termasuk beras dan komoditi lainnya.

Launching outlet sayur ini, ditandai dengan berbelanjanya Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano ke lokasi yang berada persis di seberang jalan RSUD Padang Panjang tersebut, Senin (11/1). Walikota muda itu, membeli sayur japan (labu siam-red), sawi, cabai, kentang, beras dan lainnya.

Fadly Amran mengucapkan selamat kepada pengelola STA GMB yang telah mendirikan outlet khusus eceran ini. "Ini yang kita harapkan. Semoga dengan telah dibuknay outlet sayur ini, dapat meningkatkan penjualan dan kesejahteraan masyarakat Ganting, khususnya para petani. Nanti kalau dalam prosesnya ada kesulitan atau kendala, Pemko siap membantu," kata Fadly yang didampingi Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (DPP), Ade Nefrita Anas, SP, Camat Padang Panjang Timur, Doni Rahman, S.Pd.l, lurah dan tokoh masyarakat sekitar.

Sementara itu Kabid Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan DPP, Fitriadi M, S.Pt kepada Kominfo menjelaskan, STA GMB ini awalnya adalah grosir khusus sayuran yang menampung hasil produksi petani setempat. Pedagang pengumpul membeli produk petani di STA GMB ini dengan harga yang pantas. Petani diuntungkan dari sisi harga yang selama ini di bawah kendali para toke. STA GMB beroperasi dua kali seminggu.

"Dalam pengembangannya, berdasarkan ide Pak Wali, di STA GMB ini dibuka outlet khusus. Tidak hanya sebagai lokasi jual beli partai besar atau grosir, dengan adanya outlet, pembelian eceran pun dilayani di sini, untuk memenuhi kebutuhan sayur-mayur masyarakat," jelasnya.

Untuk pengembangan outlet ini, Pemko melalui DPP, membantu pengadaan rak display dan sarana lainnya melalui APBD perubahan. Sehingga tampilan outlet ini bisa menarik masyarakat untuk berbelanja di sini.

Outlet ini akan melayani pembeli setiap hari. Sementara STA GMB yang biasanya beroperasi dua kali seminggu, kini juga hampir setiap hari ada transaksi. Produk pertanian di outlet ini, belum ada pemisahan hasil pertanian organik maupun anorganik. "Ke depan, akan dikembangkan ke arah itu," ujarnya. (rifki/lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru