Pemnag Pasar Muara Labuh Raih Penghargaan Transparansi Dana Desa dari Gubernur Sumbar

PEMERINTAHAN-803 hit

Penulis: AA | Editor: Marjeni Rokcalva

Padang Aro - Kembali, disaat Kabupaten Solok Selatan memperingati Hari Jadi Ke-17, Pemerintahan Nagari Pasar Muara Labuh menoreh prestasi, yaitu menerima piagam penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI, atas kesuksesan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama tahun anggaran 2020.

Penyerahan piagam penghargaan itu secara resmi diserahkan oleh Plt. Bupati Solsel. H. Abdul Rahman yang diwakili Pj. Sekdakab. Solsel. Fidel Efendi usai upacara bendera Hari Jadi Kabupaten (HJK) Solsel Ke-17 di halaman kantor bupati setempat, Kamis (7/1/2021).

Bahkan sebelumnya (akhir Desember 2020-ref) Nagari yang dipimpin Pj. Wali Nagari, Efrizal, A. Md tersebut, juga satu-satunya Pemerintahan Nagari di Kabupaten berjuluk Nagari Saribu Rumah Gadang itu menerima Piagam Penghargaan dibidang Kompetensi dan Transparansi Dana Desa yang diikuti oleh seluruh nagari terbaik dari Kabupaten / Kota Se-Sumatera Barat.

Baca Juga


Prestasi ini, sudah barang tentu sebuah penilaian untuk menunjang kinerja apratur Pemerintahan Nagari lebih baik lagi, baik sesuai dengan topik penilaian yang sudah dilakukan, maupun untuk berbagai program kerja lainnya dalam rangka mewujudkan pelayanan pada masyarakat, " harap Fidel Efendi.

"Pemerintahan Nagari Pasar Muara Labuh yang terletak persis di pusat Muara Labuh itu untuk menghadapi penilaian sudah barang tentu tidaklah mudah mempersiapkannya, " kata Fidel.

Hal itu, dikarenakan tidak saja disebabkan oleh letaknya yang di pusat keramaian, akan tetapi penduduknya juga 'Heterogen'. Namun dibawah kepemimpinan Efrizal, hal-halnyang sebelumnya mungkin dianggap rumit, dapat dilewati dengan baik. Sehingga Nagari Pasar Muara Labuh ini mampu menoreh prestasi, " tambahnya.

Kedepan setidaknya, hal ini akan dapat menjadi motivasi bagi perangkat nagari maupun masyarakatnya dalam melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan, " pungkas Fidel Efendi.

Ditempat terpisah, Pj. Wali Nagari Pasar Muara Labuh, Efrizal mengungkapkan bahwa prestasi ini adalah milik masyarakat nagari.

" Kami sebagai wali nagari bersama perangkat nagari dan lembaga yang ada di nagari, hanyalah sebagai pemain peran atau sebagai pembantu masyaraakat dalam menata, dan mengelolah berbagai kepentingan masyarakat dalambrangka mewujudkan pemberdayaan dan kesejahtetaan masyarakat, " kata Efrizal

Jadi, kalau masyarakatnya yang tidak proaktif atau tidak ikut untuk menentukan pembangunan nagari, maka akan percuma ada keberadaan kami. Artinya sehebat apapun pimpinan atau perangkat nagari mengelolah nagari, jika masyarakatnya tidak ikut, niscaya berbagai prestasi ini mampu diraih, " jelasnya

Masih menurut Efrizal, Piagam Penghargaan dibidang Kompetensi dan Transparansi Dana Desa yang diraih Nagari Pasar Muara Labuh medio Desember 2020 lalu adalah lomba yang meliputi seluruh aspek Kompetensi dan Transparansi Dana Desa. Hebatnya tim penilainya berasal dari DPMD Provinsi, PWI Sumbar dan Pamong senior.

Adapun hasil penilaian ini mencerminkan aplikasi program nyata dan kinerja yang telah diaplikasikan seluruh elemen pemerintahan terkait. Sedangkan objek dan hasil penilaian yang ada tidak bisa direkayasa, karena sudah teraplikasi, " tambah Efrizal.

Penyerahan Piagam Penghargaan dibidang Kompetensi dan Transparansi Dana Desa diserahkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sumatera Barat pada acara Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Dana Desa Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 Angkatan II di Pangeran Beach Hotel Padang akhir tahun 2020 lalu.

Sementara piagam penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI, atas kesuksesan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama tahun anggaran 2020, diserahkan oleh Pj. Sekdakab. Solsel saat ulang tahun Solsel ke-17 di Padang Aro, " pungkas Efrizal. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru