Kominfo Padang Panjang Terima Hadiah

PEMERINTAHAN-137 hit

PADANG PANJANG - Rapat evaluasi kinerja di Pemko Padang Panjang, Rabu pagi menjelang siang, (23/12), agak beda dibanding evaluasi sebelumnya. Sebab, hari itu sebelum rapat yang dihadiri segenap pejabat Pemko Padang Panjang, itu dimulai, Walikota Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano, memberikan piagam penghargaan dan reward mas batangan, kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) pengelola geoportal terbaik satu, dua dan tiga.

Pada kesempatan itu Dinas Kominfo (Komunikasi dan Informatika) mendapat terbaik ke tiga. Sedang terbaik satu diraih PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) dan terbaik dua oleh PMPTSP (Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Ketiga OPD ini masing masing menerima piagam penghargaan terbaik satu diserahkan Walikota Fadly Amran, terbaik dua diserahkan Wakil Walikota Asrul dan terbaik ketiga oleh Sekda Sonny Budaya Putra.

Fadly Amran memberikan ucapan selamat kepada para OPD terbaik. Pada kesempatan itu pimpinan juga menyerahkan piagam penghargaan lain seperti: kelurahan berpartisipasi pemilih tertinggi dalam Pemilu Guberbur dan Wakil Gubernur yang baru lalu. Penghargaan untuk OPD yang paling aktif menggunakan media sosial untuk publikasi kegiatan. Penghargaan Terbaik dalam Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah di lingkungan Pemko Padang Panjang.

Baca Juga


Khusus untuk penghargaan yang diraih Diskominfo, setelah acara selesai, piagam dan mas dibawa musyawarah pimpinan di ruangan kepala dinas. Alhasil, keputusan rapat piagam dipasang pada dinding dalam ruangan kepala dinas. Sedangkan mas dijual ke pasar. Uangnya dinikmati bersama. Berapa jumlah uangnya? Lumayan untuk makan makan bersama di Diskominfo.

Perkara makan bersama, ini sudah jadi tradisi di Dinas Kominfo. Biasanya sekali dua bulan, diadakan makan makan dan doa bersama. Ada yang mengisi tausiyah agama dan ada pula yang pandai baca do'a. Semua itu orang dalam. Tidak mencari keluar kantor.

Kembali ke geoportal. Geoportal adalah salah satu contoh implementasi IDS Global (GSDI = Global Spatial Data Infrastructure), yang memanfaatkan tekologi web. Portal di GSDI disebut geoportal yang memiliki motto "kebebasan yang bersatu".

Motto ini mencerminkan fakta, bahwa geoportal adalah jaringan portal yang didirikan oleh berbagai organisasi, masing-masing dengan otonomi sendiri, tetapi bekerja dalam satu set aturan. Untuk Padang Panjang geoportal ini sudah dipakai oleh OPD.

"Pada Dinas Kominfo, yang ditugaskan untuk mengisi geoportal, ada dua orang, yaitu Prasetiya Rahman alias Pras dan Shintia Putri Lidiya alias Tiya. Mereka berdua ini yang rajin mencari data. Mereka mendatangi beberapa OPD untuk mendapatkan bahan, untuk mengisi Geoportal Diskominfo," kata Kadis Kominfo Ampera Salim.

Disebutkan, beberapa waktu lampau, Bappeda Padang Panjang yang dipimpin Rusdianto, melakukan penilaian terhadap geoportal tiap OPD di kota ini. Hasilnya terpilihlah Diskominfo sebagai terbaik tiga.

Menyikapi halbini, Kepala Dinas Kominfo Padang Panjang Ampera Salim, Sekdis Busmar Chandra, Kabid I Gov Ario Dian Pratama dan Kabid IKP Maryulis Max dan seluruh keluarga besar kominfo mengucapkan terimakasih kepada Pras dan Tiya yang telah menjalankan tugas dengan baik, sehingfa membuahkan hasil.

Namun, kata Ampera, hadiah bukanlah tujuan. Tetapi bekerja dengan baik dan sepenuh hati, itulah yang dikehendaki dalam sebuah organisasi.

Masyarakat atau pengunjung, yang ingin mengetahui peta alamat layanan masyarakat di Padang Panjang, bisa mengakses geoportal.padang panjang.go.id.

Loading...

Komentar

Berita Terbaru