Rektor UNP Ajak Insan Olahraga Bangun Sinergitas Untuk Kejayaan Olahraga Sumbar

OLAHRAGA-240 hit

Padang Panjang - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri berkeinginan kuat untuk membangun sinergitas dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat beserta KONI daerah dan Pengprov cabang olahraga se Sumbar.

"Mari kita bersama sama membangun sinergitas prestasi dengan sport science, " ajak Ganefri ketika menjadi narasumber Rakerda KONI se Sumbar di Padang Panjang, Senin (21/12).

Berkaca dari pengalaman dirinya saat berkunjung ke luar negeri, Ganefri melihat peningkatan prestasi olahraga dimulai dari kampus. Sarana olahraga disuport pemerintah melalui perguruan tinggi. Seperti di Thailand contohnya, venue olahraga semua ada di perguruan tinggi.

Baca Juga


"Laboratoriun rehabilitasi sport medical ada di UNP. Beberapa fasilitas olahraga juga ada di kampus. Tentunya ke depan, UNP bisa mencontoh pembinaan olahraga di luar negeri, bahwa prestasi olahraga di mulai dari kampus," bebernya.

Ganefri menyampaikan, UNP memiliki banyak fasilitas dan sarana prasarana untuk dimanfaatkan KONI beserta cabang olahraga. Bahkan UNP dipercaya oleh Pemprov Sumbar untuk mengelola aset Main Stadion Sumbar di Sikabu Padang Pariaman, seluas 38 hektar.

Rugi rasanya kalau aset hanya dimanfaatkan pada saat tertentu saja. Lebih baik bisa dimanfaatkan secara kontinyu. Aset kalau tidak dipakai tentu akan rusak dan tertinggal ditelan kemajuan teknologi.

"UNP mendapat amanah memanfaatkan lahan 38 hektar di Sikabu. Kami akan manfaatkan di sana untuk bangun FIK UNP. Oleh karena itu, mari bersama sama UNP dengan KONI dan cabang olahraga untuk manfaatkan fasilitas olahraga ini, " pintanya.

Lebih lanjut Ganefri memaparkan, UNP saat ini sedang bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Jika sudah selesai, UNP punya otonomi lebih luas menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi, punya otonomi lebih leluasa untuk mengelola dan menata kampus agar lebih baik.

Saat ini saja, UNP punya aset lebih kurang Rp 3 triliun. Tentunya dengan aset yang besar dan dapat teroptimalkan, UNP bakal menjadi kekuatan besar nantinya, termasuk dalam hal pembinaan olahraga.

Apalagi Ganefri menyebut, UNP secara bertahap akan memenuhi kebutuhan - kebutuhan untuk kepentingan olahraga, jika memang realisasi sinergitas dengan dunia olahraga dapat terpenuhi.

"Oleh karena itu, tahun depan perlu diwujudkan MoU antara UNP dengan KONI, serta MOE cabang olahraga dengan Dekan FIK UNP. Insya Allah prestasi olahraga bakal semakin meningkat,"harap Rektor UNP dua periode ini. (Rid/mr)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru