Pemkab Solok Selatan Dukung Target Pendidikan PAUD

PENDIDIKAN-192 hit

PADANG ARO - Target dari agenda Pendidikan 2030 untuk PAUD secara Nasional adalah memastikan seluruh anak laki-laki dan perempuan memperoleh akses terhadap perkembangan, perawatan dan pendidikan pra-SD (PAUD) yang bermutu untuk menjamin kesiapan memasuki pendidikan dasar.

Hal ini merupakan bagian dari tindak lanjut dari Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2018 tentang Penyediaan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini.

Beranjak dari itu pula, Pemkab Solok Selatan sangat berkomitmen mendukung target pendidikan paud itu dengan melaksanakan Sosialisasi dan Advokasi Kebijakan Pemerintah Daerah tentang Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integrqtif (Paud-HI

Baca Juga


Kegiatan Sosialisasi yang digelar di aula Tangsi Ampek, Senin (21/12/2020) tersebut dibuka Pj. Sekdakab. Solsel, Dr. H. Fidel Efendi, S. Pd. MM, dengan menghadirkan nara sumber dari Dinas Kesehatan Solsel, Dr. H. Novirman, S. KM. MM (Kadis) dan dari Dinas P2KBP3A Kabupaten Solok Selatan.

Sebagai Pimpinan Daerah, Saya menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan sosialisasi ini, karena ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2018 tentang Penyediaan Layanan Pendidikan Aanak Usia Dini," kata Fidel.

Ditegaskan Fidel, peningkatan kualitas dan kuantitas PAUD ini juga telah masuk dalam Program Prioritas Pendidikan Nasional. Sesuai Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017, dimana Indonesia menjamin setiap anak perempuan dan laki-laki mendapat akses pengasuhan PAUD.

Solok Selatan sendiri dalam mendukung program itu, juga sudah melahirkan Peraturan Bupati Solok Selatan Nomor 24 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Satu Tahun Pra Sekolah Dasar.

Selanjutnya Keputusan Bupati Solok Selatan Nomor 420.243-2020 Tentang Pembentukan Gugus Tugas Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Kabupaten Solok Selatan Masa Bakti 2020-2023, " tambah Fidel Efendi.

Terakhir Fidel meminta para pemangku kepentingan dan tim gugus tugas dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sesuai fungsi masing-masing, karena penyelenggaraan layanan kebutuhan dasar secara holistik integratif ini, merupakan hal yang mendesak untuk dilakukan.

Mudah-mudahan para stakeholders dan tim gugus tugas dapat bekerja dengan sebaik mungkin mulai dari tata kelola lembaga PAUD, perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan layanan PAUD," demikian Fidel Efendi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Sosialisasi Bintek Paud HI, Nella Novita, S. Pd dalam laporannya menjelaskan, bahwa kegiatan ini adalah lanjutan dari kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) PUAD Holistik-integratif (HI) yang sudah diselenggarakan sebelumnya

Sementara tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka mensosialisasikan kebijakan Pemerintah Daerah terkait penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif," kata Nella Novita.

Sementara itu peserta yang terdiri dari Kepala OPD terkait, Instansi vertikal, Himpaudi, IGTK, Dewan Pendidikan, Korwil, Pokja II PKK Kabupaten dan Fasilitator itu, menurut Nella diharapkan dapat meningkatkan pemahaman ditingkat kecematan dan kabupaten dalam membina pelaksanaan PAUD HI di satuan PAUD.

Selanjutnya juga dapat meningkatkan pemahaman bagi penyelenggara, pengelola, dan pendidik dalam pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif di satuan PAUD, se-Solok Selatan, " pungkas Nella. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru