Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI: Kekuatan Otak adalah Sumber Kemakmuran Bangsa

PENDIDIKAN-203 hit

Padang-Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Ir. La Nyala Mahmud Mattalitti memberikan orasi ilmiah kepada sivitas akademika pada kegiatan wisuda Universitas Negeri Padang yang ke-121 pada Sabtu (19/12) pagi ini. Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia menyajikan orasinya dengan tajuk "Peran Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dalam Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia".

"Sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, saya menyampaikan apresiasi karena upacara wisuda Universitas Negeri Padang pada periode ini bertepatan dengan peringatan hari bela negara yakni 19 Desember dan pada tanggal ini kita memperingati deklarasi pemerintahan darurat Republik Indonesia oleh Mr. Syafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat tahun 1948," jelas Ir. La Nyala Mahmud Mattalitti.

Lebih lanjut Ir. La Nyala Mahmud Mattalitti mengemukakan bahwa
PDRI yang berpusat di Bukittinggi pada saat Belanda melancarkan agresi Belanda II memiliki peran penting dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga


Pada kesempatan itu, Ir. La Nyala Mahmud Mattalitti juga menjelaskan bahwa anggota DPDRI adalah perwakilan dengan anggota 4 orang setiap provinsi yang dipilih oleh rakyat yang bersifat independen dan untuk itu anggota DPDRI harus menyerap aspirasi dari masyarakat untuk kebijakan nasional.

"Secara konsepsional, untuk menjaga negara kesatuan republik Indonesia, kita harus membangun daerah karena membangun negara adalah akumulasi pembangunan daerah," tambah Ir. La Nyala Mahmud Mattalitti.

Kata Ir. La Nyala Mahmud Mattalitti, walaupun kita kaya dengan sumber daya alam, tetapi harus disadari bahwa sumber kemakmuran adalah sumber daya manusia yang berkualitas memiliki daya saing internasional yaitu kekuatan otak.

"Sumber daya manusia adalah variabel inti dan sangat mutlak untuk memajukan suatu negara. Oleh karena itu peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas harus selalu diprogramkan oleh pemerintah," harap Ir. La Nyala Mahmud Mattalitti.

Pada kesempatan itu, Ir. La Nyala Mahmud Mattalitti juga mengemukakan bahwa pendidikan nasional harus ditujukan untuk peningkatan karakter anak didik karena karakter anak didik adalah akan membentuk karakter bangsa.

"Perguruan tinggi seperti Universitas Negeri Padang diharapkan terus bekerja dengan pemerintahan daerah untuk mengembangkan dan melakukan tridarma perguruan tinggi dengan membuat pusat pertemuan aktivitas mengembangkan produk olahan setempat agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat seutuhnya," tambah Ir. La Nyala Mahmud Mattalitti. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru