Kota Solok Terima Penghargaan Nasional Kota Sangat Inovatif

PEMERINTAHAN-790 hit

Penulis: Siska | Editor: Marjeni Rokcalva

JAKARTA - Pemerintah Kota Solok meraih Trophy / Piagam Innovative Government Award (IGA), Diusianya yang ke 50 tahun sebagai salah satu kota yang Daerahnya Sangat inovatif yang digelar di Hotel Sultan Jalan Gatot Subroto Jakarta. Jumat (18/12/ 2020).

Penghargaan yang diterima Wali Kota Solok diwakili Sekretaris Daerah Drs. H. Syaiful A., M.Si yang diserahkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri, Agus Fatoni

Agus Fatoni dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan penganugerahan IGA Award 2020 ini setelah melakukan penjaringan, validasi dan penilaian secara online melalui aplikasi Inovasi Pemerintah atas beragam inovasi yang diselenggarakan oleh sebagian besar pemerintah daerah baik tingkat propinsi dan Kota/Kabupaten.

Baca Juga


Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Departemen Dalam Negeri Dr.Ir Muhammad Hudori, M.Si menyampaikan dalam sambutannya penghargaan ini diberikan atas upaya pemerintah daerah melakukan terobosan baru dan inovasi dan penerapannya dalam penyelenggaraan pelayanan publik, tata kelola pemerintahan daeran dan penyelenggaraan urusan pemerintah daerah yang akhirnya berimplikasi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, melihat besarnya dampak dari inovasi ini selayaknya menjadi visi dan budaya pemerintah daerah, sekaligus menjadi katalisator dalam mempermudah iklim investasi di daerah.

Sekretaris Daerah yang hadir dalam kesempatan itu didampingi Kepala Sub bagian Penghubung Bagian Prokomp Yopi Permana, SSTP, M.Si menyampaikan bahwa Trophy/ Piagam Innovative Government Award (IGA) yang diterima adalah Kategori Pemerintah Daerah Sangat Innovatif berdasarkan Indeks Penilaian Inovasi Daerah 2020.

"Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi Pemerintah kepada Pemerintah Kota Solok atas upaya Pemerintah Kota Solok yang terus menerus dan konsisten berinovasi dalam menjalankan dan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerahnya" ungkap Syaiful

Beliau juga menyampaikan bahwa bahwa keberhasilan Pemerintah Kota Solok dalam meraih penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Sangat Inovatif tidak terlepas dari upaya bersama dari seluruh unit kerja pemerintah daerah yang digawangi oleh sumber daya aparatur yang kreatif dan mampu melahirkan cara-cara baru dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kota Solok. Sehingga mempermudah pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang berdampak pada meningkatnya partisipasi publik baik dalam hal meminta pelayanan pemerintahan maupun dalam investasi di daerah.

"Tentunya diharapkan melalui peningkatan kinerja, daerah akan mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat, yaitu melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan peran serta masyarakat, terakhir dengan apa yang disebut peningkatan daya saing daerah" pungkasnya.

Ditempat lain, Wali Kota Solok Zul Elfian seusai acara peresmian Masjid Al Hidayah Kelurahan VI Suku ketika ditanya tanggapannya terkait penghargaan IGA yang diterima, menyampaikan apresiasinya seluruh stakeholder terutama seluruh Aparatur Pemerintah Kota Solok dibawah komando sekda dan koordinasi balitbang Kota Solok yang tidak pernah berhenti berinovasi dalam upaya efektivitas dan efisiensi pelayanan kepada masyarakat.

"Terimakasih karena tidak berhenti berinovasi, tentunya saya harapkan tidak berhenti pada tataran apresiasi ini. Namun yang terpenting pada tataran aplikasinya ditengah-tengah masyarakat sehingga dapat dirasakan manfaatnya dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Solok Kota Beras Serambi Madinah" ungkap sang Wali Kota. (Siska )

Loading...

Komentar

Berita Terbaru