Dinkes Sumbar Gelar Aksi Sosialisasi 3M Di Pasar Raba'a

PEMERINTAHAN-219 hit

AGAM - Masyarakat di sekitar Pasar Raba'a, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumbar, mendapat penyuluhan dari Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Barat (Sumbar) tentang protokol kesehatan covid 19 tentang penerapan 3M (memakai masker,mencuci tangan dan menjaga jarak ).

Kegiatan penyuluhan atau sosialisasi yang dilakukan Dinas Kesehatan Sumbar pada Rabu (16/12) kemaren, bekerjasama dengan sejumlah pihak untuk mengkampanyekan gerakan 3M kepada masyarakat, diantaranya, Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Puskesmas Pasar Ahad, Polsek Tanjung Raya, Koramil 05 Tanjung Raya, Pemerintah Nagari Koto Kaciak, Anggota Pramuka MAN 4 Agam, pengurus pasar, Kader Shaka Bakti Husada, dan Kader Posyandu Nagari Koto Kaciak.

Menurut Liliarni, SKM

Baca Juga


Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Sumbar,mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya mengajak masyarakat untuk selalu malaksanakan protokol kesehatan covid 19 dengan menerapkan 3M untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Selain itu, Dinkes Sumbar juga menggelar aksi Derap Covid-19 atau Kader Tanggap Covid-19 untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pencegahannya guna menekan laju penularan Virus Covid 19.

"Jadi, keguatan hari ini merupakan aksi sosialisasi dan kampanye 3M kepada masyarakat. Untuk Kabupaten Agam kegiatan ini dipusatkan di Pasar Raba'a, Nagari Koto Kaciak dengan bentuk mengedukasi masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan di masa pandemi, serta membagikan masker dan hand sanitizer," jelas Liliarni.

Dikatakannya, Sebelum melakukan aksi kegiatan, Dinkes Sumbar telah mengadakan pertemuan dengan sejumlah pihak untuk mengadakan sosialisasi ini.

"Sekitar 2 Minggu yang lalu sudah di adakan pertemuan untuk melaksanakan kegiatan ini. Nah, hari ini adalah aksinya, dan Alhamdulillah berjalan lancar," ungkap Liliarni.

Kendati demikian, pihaknya berharap agar kegiatan seperti ini terus berlanjut kedepannya. Pasalnya, pandemi Covid-19 telah mewabah secara global, dan tidak tau kapan berakhirnya.

"Mudahan-mudahan berlanjut hingga pandemi Covid-19 ini berakhir. Kemudian, kepada masyarakat diminta untuk tetap melaksanakan prosedur 3M dan menjadikannya sebuah pola baru yang wajib dijalankan pada era New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru," ujarnya.

Kepala Puskesmas Pasar Ahad, Azra Nofrizal, SKM, MM menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi Dinkes Sumbar yang telah mengadakan kegiatan ini dengan skop yang lebih besar untuk mengajak masyarakat berprilaku hidup sehat dalam memutus mata rantai Virus Corona.

"Dengan adanya kegiatan ini, tentu sangat diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjalankan 3M. Karena dengan cara itulah kita bisa melawan dan mengantisipasi dari paparan Covid-19," tambah Azra Nofrizal, SKM, MM.(Yus)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru